logo

19/12/18

Usai Diresmikan, 7 Ruas Jalan Tol Ini Gratis hingga Januari

Usai Diresmikan, 7 Ruas Jalan Tol Ini Gratis hingga Januari

NUSANEWS - Sebanyak 7 ruas jalan tol akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12) nanti. Setelah itu, pengoperasiannya akan digratiskan sampai Januari 2019 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, 7 ruas tol itu merupakan bagian dari Merak-Pasuruan. Di Jawa Timur ada 4, sedangkan Jawa Tengah ada 3. “Makanya diresmikan di 2 tempat, beliau akan tur dari Surabaya sampai ke Kalikuto,” katanya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (19/12).

Ia merinci, untuk ruas jalan di Jawa Tengah yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kertosuro. Sedangkan Jawa Timur, ruas tol Wilangan-Kertosono, Gempol-Porong, Pasuruan-Grati.

Tol Trans Jawa ini total panjangnya 1.150 kilometer dari Merak sampai Banyuwangi. Sedangkan untuk dari Merak sampai Pasuruan, sejauh 933 kilometer. “Setelah diresmikan free sampai Januari. Dibebaskan untuk sosialisasi pemanfaatan tol. Baru nanti dihitung tarifnya,” katanya.

Basuki juga menyebut, pada saat peresmian nanti juga sambil melihat beberapa tempat istirahat. Diisi oleh produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang presentasenya 70 persen. “Jadi sekarang tempat istirahat di Tol itu 70 persen UKM dan 30 persen freedalam arti komersial. Kalau dulu 70 persen komersial 30 persen UKM,” ucapnya.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...