logo

07/12/18

Tolak Penggusuran PK5 UNM, Ratusan Massa Unjuk Rasa di Balaikota

Tolak Penggusuran PK5 UNM, Ratusan Massa Unjuk Rasa di Balaikota

NUSANEWS - Ratusan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Tolak Penggusuran PK5 berdemonstrasi di Gedung Balaikota Makassar, Jumat (7/12/2018).

Mereka menuntut Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk menghentikan segala bentuk intimidasi yang dilakukan Satpol PP dan aparat kepolisian, terhadap para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan AP Pettarani tepatnya di depan Kampus UNM Gunung Sari.

Tuty, koordinator aksi mengungkapkan, pada tanggal 30 November sekitar pukul 05:00 WITA puluhan personel Polsek Rappocini melakukan upaya penggusuran paksa karena sehari sebelumnya, mendapatkan informasi jika PKL di lokasi tersebut akan digusur oleh Satpol PP.

Namun, upaya tersebut gagal karena mendapat penolakan dari para PKL
bersama massa Solidaritas Tolak Penggusuran PK5. Menurutnya, tindakan aparat kepolisian itu merupakan sebuah pelanggaran.

“Karena polisi tidak memiliki wewenang dalam hal gusur menggusur karena tugas pokoknya memelihara ketertiban dan keamanan, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat,” tulis Tuty dalam pernyataan sikapnya.

Ia mengatakan, hal itu merupakan bukti tak adanya perhatian pemerintah kota dalam memperhatikan masyarakatnya. Seharusnya pemerintah kota bertindak tegas terhadap apa yang dilakukan aparat kepolisian.

Massa aksi juga menuntut pemerintah kota untuk memberikan jaminan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi para PKL. Selain itu, mereka menolak relokasi PK5 Centre.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...