logo

27/12/18

Sopir Tangki Pertamina Sebut Rini Soemarno Seperti Mak Lampir

Sopir Tangki Pertamina Sebut Rini Soemarno Seperti Mak Lampir

NUSANEWS - Aksi buruh sopir yang tergabung dalam Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT) PT Pertamina Patra Niaga masih terus bertahan di depan Istana Negara, Jakarta hingga sore ini (Kamis, 27/12).

Orator aksi SP-AMT bernama Aris mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno harus bertanggung jawab akan upah yang belum dibayarkan bagi para buruh.

"Turunkan Rini Soemarno sekarang juga. BUMN hari ini telah mencoreng muka Presiden. Dan untuk apa lagi menteri seperti Mak Lampir ini dipertahankan, turunkan Rini Soemarno sekarang juga," ujar Aris di atas mobil komando.

Jelas dia, jika Menteri Rini tidak memenuhi tuntutan mereka maka akan mencoreng nama Presiden Jokowi.

Aksi sopir tangki Pertamina di Istana/RMOL

Sebelum ke Istana hari ini, beberapa hari lalu SP-AMT menggelar aksi serupa di depan Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Sama dengan sebelumnya, mereka melakukan aksi kubur diri.

Aksi SP-AMT yang berlangsung sejak pekan lalu ini menyuarakan empat tuntutan: Pertama, bayarkan upah lembur yang belum dibayarkan sesuai nota Sudinaker dan Kementerian Ketenagakerjaan dan upah proses selama di-PHK. Kedua, pekerjakan kembali 1.095 AMT yang di-PHK massal dan secara sepihak.

Ketiga, angkat sebagai karyawan tetap di PT Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Petrofin, sesuai dengan nota sudinaker yang sudah disahkan oleh pengadilan; dan keempat, bayarkan hak pensiun bagi pekerja yang lanjut usia sesuai perundang undangan yang berlaku. [rus]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...