logo

27/12/18

Sebar Foto Ma’ruf Amin Berbaju Sinterklas, Tokoh Agama di Aceh Ditangkap, Dua Lain Begini Nasibnya

Sebar Foto Ma’ruf Amin Berbaju Sinterklas, Tokoh Agama di Aceh Ditangkap, Dua Lain Begini Nasibnya

NUSANEWS - Juru Bicara Tim Jokowi-Ma’ruf Amin, Muhammad Guntur Romli melaporkan tiga orang yang dianggap menyebarkan konten hoax KH Ma’ruf Amin di media sosial.

“Alhamdulillah tiga terlapor: Agung Suryamal (diduga menyebarkan di Grup WA), akun Facebook Riski Fanandes & akun YouTube Islam Peace 212 sudah dilaporkan oleh Habib @muannas_alaidid terkait fitnah/hoax mengedit & menyebarkan video Kiai Ma’ruf Amin dgn topi & jubah Santa Claus/Sinterklas. Yang saya dengar admin akun Facebook Riski Fanandes sudah ditangkap di Aceh, semoga yg dua orang cepat menyusul.” ujar Politisi dari PSI itu melalui akun Instagramnya, Kamis (27/12/2018).

Sebelumnya penyebar foto calon wakil presiden nomor urut Ma’ruf Amin mengenakan baju sinterklas dan mengucapkan Selamat Natal ditangkap polisi.



“Pelaku berinisial S (31), seorang tokoh sebuah pesantren di Aceh,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.



Menurut Dedi, foto yang disebar pelaku tersebut rupanya sudah diedit oleh seseorang. Sehingga, foto tersebut beredar viral di media sosial.

Sebetulnya dalam video asli, Ma’ruf mengenakan pakaian jas hitam, kain sarung dan peci hitam.

Pelaku dijerat Pasal 35 Jo 51 ayat (1) UU No.19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 14 ayat (2) dan pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Paraturan Hukum Pidana.

“Lebih jelasnya silakan ke Polda Aceh,” demikian Dedi.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...