logo

08/12/18

Puji Kota Favorit, Ananda: Lagi di Surabaya Nih, Kayaknya Harus Pakai Kacamata Hitam Terus

Puji Kota Favorit, Ananda: Lagi di Surabaya Nih, Kayaknya Harus Pakai Kacamata Hitam Terus

NUSANEWS - Jawa Timur, menjadi kota favorit di ajang penghargaan bergengsi dunia The 4th Guangzhou International Award for Urban Innovation yang diselenggarakan di Guangzhou, China. Apresiasi dari tokoh-tokoh di Tanah Air pun menggema.

Pianis Ananda Sukarlan melalui akun Twitter @anandasukarlan mengatakan hari ini berada di kota itu dan dia bercanda mesti pakai kacamata hitam karena cuacanya cerah sekali.

"Lagi di Surabaya, nih kayaknya harus pake kacamata item terus nih. Masa depannya cerah banget ampe silau mulu gue, sekarang aja abis menang Guang Zhou Award. Brava Bu Risma!" kata Ananda Sukarlan.

Konduktor Addie MS melalui akun Twitter @addiems menyatakan kebanggaannya kepada Tri Rismaharini -- wali kota Surabaya yang kini terpilih menjadi gubernur Jawa Timur.

"Selamat, Surabaya...! Selamat, Bu Risma! Aku bangga sekali pada panjenengan, Bu @Tri_Rismaharini. Minggu depan aku ke Surabaya. Ga sabar..." kata dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun Twitter @ganjarpranowo pun menyampaikan apresiasi kepada Tri Rismaharini. "Selamat ya mBak Risma dan warga Surabaya," kata dia.

"Surabaya berhasil menjadi kota favorit pada Guangzhou Award 2018 dengan mendapatkan lebih dari 1,5 juta suara daring," kata Konsul Jenderal RI untuk Guangzhou Gustanto melalui siaran pers.

Pengumuman ajang bergengsi tersebut disampaikan pada acara penutupan The 4th Guangzhou International Award for Urban Innovation yang diadakan di Baiyun International Convention Center, Guangzhou pada 7 Desember 2018.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Tri Rismaharani. Surabaya berhasil mengungguli 14 kota dari berbagai dunia yang menjadi finalis dalam kompetisi bergengsi itu. Guangzhou Award diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments, World Association of the Major Metropolises (Metropolis), dan Pemerintah Kota Guangzhou.

"Penghargaan Guangzhou Award ini menekankan pada inovasi dan pencapaian penting kota-kota di seluruh dunia, serta pembangunan yang harmonis dan berkelanjutan," katanya.

Untuk Guangzhou Award 2018, kata dia, panitia telah menerima 273 aplikasi dari 193 kota di 66 negara. Dari jumlah tersebut, panitia kemudian menyeleksi dan memutuskan 15 finalis, dan membaginya ke dalam 4 kategori, yaitu Accessible Cities, Cooperative Cities, Inclusive Cities, dan Resilient Cities. Surabaya dengan proyek Public Participation in 3R Waste Management for Better Surabaya, termasuk dalam kategori Cooperative Cities, ujarnya..

Selain Surabaya, kata dia, kota-kota finalis lainnya adalah Sydney (Australia), Repentigny (Canada), Milan (Italy), eThekwini (South Africa), Guadalajara (Mexico), Utrecht (Netherlands), New York (USA), Yiwu (China), Santa Ana (Costa Rica), Kazan (Russia), Mezitli (Turkey), Santa Fe (Argentina), Salvador (Brazil), dan Wuhan (China).


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...