logo

03/12/18

Polri: Tidak Ada Penangkapan Mahasiswa Papua Di Surabaya

Polri: Tidak Ada Penangkapan Mahasiswa Papua Di Surabaya

NUSANEWS - Tidak ada penangkapan terhadap mahasiswa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur (Minggu, 2/12). Polri pada saat itu hanya mengamankan mereka agar tidak terjadi bentrok antara mahasiswa dengan massa.

"Jadi kalau ada kabar soal penangkapan mahasiswa itu Polda Jatim mengatakan bahwa itu tidak benar," terang Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/12).

Seluruh mahasiswa tersebut saat ini telah dilepas dan dipulangkan ke tempatnya masing-masing. Pihaknya tidak merinci berapa jumlah mahasiswa yang telah dipulangkan.

Mantan Kapolresta Pasuruan ini mengatakan situasi di sekitar asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan sudah kondusif.

Hal lain yang diklarifikasi Syahar adalah soal warga negara Australia yang sempat diamankan bersama para mahasiswa.
"(WNA) sudah kita klarifikasi, tidak ada itu, tidak ada (kaitannya)," imbuhnya. 

Massa mengepung asrama mahasiswa Papua buntut dari aksi mereka pada 1 Desember di Jalan Pemuda. Suasana mencekam sempat mengiringi proses evakuasi mahasiswa asal Papua tersebut. Pasalnya, ratusan massa yang berasal dari berbagai ormas mengepung asrama.

Puluhan aparat kepolisian pun diturunkan untuk mengamankan jalannya evakuasi. Setelah mereka masuk ke dalam bus, rombongan dikawal oleh polisi bersenjata lengkap untuk keluar dari Kota Surabaya. [rus]


© NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...