logo

04/12/18

Polisi Bantah Tangkap Mahasiswa Papua di Surabaya

Polisi Bantah Tangkap Mahasiswa Papua di Surabaya

NUSANEWS - Mabes Polri mengklarifikasi tidak ada penangkapan terhadap mahasiswa Papua yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Kepolisian hanya melakukan evakuasi agar tidak terjadi bentrokan antara mahasiswa dengan warga.

"Polrestabes dan Polda Jawa Timur tidak melakukan penangkapan. Hanya melakukan pengamanan untuk mencegah antara kubu dari rekan mahasiswa Papua yang dihadang warga setempat," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Syahar Diantono kepada wartawan, Senin (3/12).

Setelah dilakukan evakuasi, kata Syahar, sejumlah mahasiswa asal Papua itu langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Ia menegaskan tidak ada penangkapan terhadap mahasiswa tersebut.

Meskipun demikian, Polri tak menjelaskan berapa jumlah mahasiswa yang dipulangkan dari Surabaya ke daerahnya masing-masing.

"Jadi kalau ada kabar soal mahasiswa itu, itu tidak benar. Sekarang semuanya sudah dipulangkan," ujar Syahar.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini situasi di sekitar asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, sudah kembali normal setelah diamankan kepolisian.

"Jadi diamankan mencegah jangan sampai dua kelompok (Mahasiswa dan warga) ini bentrok, karena masing-masing akan berhadapan. Tapi petugas kita sudah memisahkan," tegasnya.

Selain itu juga terkait informasi adanya warga negara asing (WNA) asal Australia yang turut ditahan dalam peristiwa tersebut di waktu yang bersama. Syahar mengatakan bahwa WNA yang diamankan itu tidak ada kaitannya dengan kasus ini.

 "(WNA) Sudah kita klarifikasi dan konfirmasi tidak ada itu ," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mendatangi massa ormas yang mengepung asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya.

Kemudian pihak Kapolrestabes Surabaya melepas 233 mahasiswa Papua itu setelah menjalani pemeriksaan selama kurang-lebih 18 jam di Mapolrestabes Surabaya. Sebelumnya ditahan setelah berdemo untuk merayakan Hari Kemerdekaan Papua Barat di Jalan Pemuda pada Sabtu, 1 Desember kemarin.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...