logo

01/12/18

Pemkot Makassar Dorong Akuntabilitas dan Kinerja Berorientasi Hasil

Pemkot Makassar Dorong Akuntabilitas dan Kinerja Berorientasi Hasil

NUSANEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan sosialisasi pelayanan publik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Hotel Santika, Sabtu (1/12/2018).

Kegitan itu dihadiri Asisten Deputi Koordinasi dan Kepala Bidang Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) serta seluruh kepala OPD di lingkup Pemkot Makassar.

Walikota Makassar Danny Pomanto mengatakan, kegiatan itu bertujuan mendorong peningkatan akuntabilitas dan kinerja yang berorientasi pada hasil. Pasalnya, perbaikan pemerintah dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi.

Sejauh ini, Kota Makassar meraih nilai B dalam pelaksanaan SAKIP. Nilai ini merupakan yang tertinggi di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Kita telah meraih nilai B. Ini tidak boleh mundur lagi kita harus lebih tingkatkan,” kata Danny Pomanto.

Olehnya, itu Danny Pomanto menekankan kepada seluruh OPD di lingkup Pemkot Makassar untuk terus melakukan pembenahan termasuk terus mengevaluasi kinerja.

“Sehingga bisa meningkatkan akuntabilitas dan kinerja di setiap OPD,” tutup Danny Pomanto.

Diketahui, SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktifitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja. Hal ini tertuang dalam PP nomor 29 tahun 2014.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...