logo

06/12/18

Pele: Kelebihan Messi Cuma Satu, Tidak Bisa Disejajarkan dengan Para Legenda

Pele: Kelebihan Messi Cuma Satu, Tidak Bisa Disejajarkan dengan Para Legenda

NUSANEWS - Legenda sepak bola Brasil, Pele menyebut dirinya adalah pemain serba bisa, jauh lebih hebat dibanding superstar Argetina, Lionel Messi. Menurut Pele, Messi cuma punya satu kelebihan, kekuatan kaki kiri.

Dikutip Pojoksatu.id dari Goal International, Pele juga membandingkan Messi dengan Maradona. Menurutnya, legenda Timnas Argentina itu jauh lebih baik dari Messi karena punya banyak keterampilan.

Mungkin banyak orang yang menganggap Messi sebagai pemain terbaik yang pernah ada, dengan memenangkan Ballon d’Or sebanyak lima kali serta sejumlah rekor individu dan gelar bersama Barcelona.

Tetapi Pele punya pandangan lain tentang pemain 31 tahun yang dinilainya hanya punya satu kelebihan. Terlalu bergantung pada kaki kirinya dan tidak pantas disejajarkan dengan tokoh-tokoh ikonik lainnya atau legenda sepak bola dunia.

Superstar Barcelona, Lionel Messi. (@ChampionsLeague)
Pele yang mencetak lebih dari 1000 gol dalam karirnya dan memenangkan Piala Dunia pada tiga kesempatan mengatakan kepada Folha de Sao Paulo:

“Bagaimana Anda bisa membuat perbandingan antara seorang pria yang menyundul bola dengan baik, menembak dengan kiri, menembak dengan benar dan yang lain hanya menembak dengan satu kaki, hanya memiliki satu keterampilan dan tidak menggerakkan bola dengan baik?,” kata Pele mengomentari skill Messi.

“Bagaimana Anda membandingkan? Untuk membandingkan dengan Pele, harus dengan seseorang yang menendang dengan baik menggunakan kaki kiri, kanan ataupun sundulan,” tuturnya.

Pele juga menyebut sejumlah pemain lain yang kuatlitasnya jauh di atas Messi.

Bahkan sesama pemain Argentina, Maradona dianggap sebagai salah satu yang terbaik yang pernah ada, sementara tokoh-tokoh ikon dari Jerman dan Belanda juga dijunjung tinggi.

“Sejauh yang saya ketahui, Maradona adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Jika Anda bertanya kepada saya, ‘Apakah dia lebih baik daripada Messi?’ Ya, dia jauh lebih baik.”

“[Franz] Beckenbauer, [Johan] Cruyff juga pemain yang sangat bagus.”

Jika Pele meragukan kemampuan Messi, data luara biasa yang dicatat La Pulda tidak bisa dinafikan. Mencetak 567 gol untuk Barcelona dalam 653 penampilan, serta 65 gol dalam 128 kali tampil bersama Timnas Argentina.

Messi juga memenangkan lima Ballon d’or, sembilan gelar La Liga, empat kali juara Liga Champions dan tiga gelar Piala Dunia antar Klub.

Namun memang sulit memahami mengapa Messi tidak bisa membawa negaranya berjaya. Padahal Messi mampu mengantar Argentina ke partai puncak Piala Dunia (vs Jerman) dan Copa America (vs Chile).


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...