logo

19/12/18

Miris! Libatkan Para Anak, Komplotan Emak-emak Pencuri Berhasil Diringkus

Miris! Libatkan Para Anak, Komplotan Emak-emak Pencuri Berhasil Diringkus

NUSANEWS -  AKSI pencurian yang dilakukan komplotan ibu-ibu berhasil dihentikan Polsek Barumun Senin (17/12/2018). Mirisnya, dalam menjalankan tindakan haramnya, para emak-emak ini melibatkan lima anak.

Kapolsek Barumun AKP Sudirman SH membeberkan kedelapan pelaku ini ditangkap di Pasar Sosopan, Barumun, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara.

Ketiga emak-emak warga Medan ini masing-masing Ernawati Simanjuntak (32), Marini Arifin Lubis (40), Lenti Tiur Maria Sitorus (42). Sedang lima lainnya; IL (16), DL (12) dan YSG (14) warga Medan, Dik (8) warga Belawan dan D, supir yang mengemudikan mobil Daihatsu Terrios Silver metalik dengan nomor polisi F 1695 EL.

Para pelaku pencurian ini melakukan aksinya dengan modus berbelanja di grosir yang sudah diincar. Adalah Nurzakiah Hafni Harahap (41) warga Desa Matondang Kecamatan Ulu Barumun pemilik grosir sebagai korban pelanggaran Pasal 363 KUHPidana Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan ini.

Kata AKP Sudirman, kronologi pencurian komplotan antar provinsi ini terjadi pada Minggu (16/12/2018) kemarin. Atas informasi tersebut, jajaran anggota opsnal melakukan pengejaran ke arah Sosopan sambil koordinasi dengan Polsek Sosopan untuk melakukan pencegatan.

Dan ternyata benar, polisi berhasil mengamankan pelaku 3 perempuan dewasa beserta 4 anak laki-laki di Pasar Sosopan. Selanjutnya para pelaku diboyong ke Polsek Barumun untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan, petugas tidak menemukan barang bukti. Setelah diinterogasi, baru pelaku mengaku telah membuang uang tersebut saat dilakukan pencegatan.

Selanjutnya tim membawa salah satu pelaku perempuan ke TKP di Pasar Sosopan untuk menunjukkan keberadaan barang bukti berupa uang sejumlah Rp2.600.000 yang dibuang.

“Modus operandinya, beberapa pelaku pura-pura membeli ke warung dengan membuat penjual sibuk dan lalai, kemudian pelaku lainnya (anak-anak) mengambil uang dari tempat penyimpanannya, setelah berhasil para pelaku langsung meninggalkan TKP.

Berdasarkan keterangan para pelaku mereka ini telah beberapakali melakukan perbuatan dengan modus yang sama di daerah Padang, Sumbar dan Pekanbaru, Riau.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...