logo

28/12/18

Mayoritas Warga AS Salahkan Trump Atas Shutdown Pemerintahan

Mayoritas Warga AS Salahkan Trump Atas Shutdown Pemerintahan

NUSANEWS - Mayoritas warga Amerika Serikat yang lebih menunjuk hidung Presiden Doanld Trump daripada Demokrat di Kongres akibat penutupan pemerintahan parsial Amerika Serikat.

Begitu hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis pada hari Kamis (27/12), saat penutupan berlanjut tanpa akhir yang jelas.

Dalam jajak pendapat itu ditemukan, sebanyak 47 persen orang dewasa menganggap Trump bertanggung jawab atas penutupan parsial pemerintahan AS. Sementara itu, 33 persen lainnya menyalahkan Demokrat di Kongres.

Selain itu, 7 persen lainnya menyalahkan Partai Republik di Kongres atas penutupan. Sementara sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.
Jajak pendapat ini dilakukan antara tanggal 21 hingga 25 Desember 2018. Sebagian besar dilakukan setelah penutupan dimulai.

Penutupan ini dipicu oleh permintaan Trump agar ada anggaran 5 miliar dolar AS untuk membantu membayar pembangunan tembok yang diusulkannya di sepanjang perbatasan Amerika Serikat-Meksiko. Total estimasi biaya pembangunan keseluruhan tembok itu adalah 23 miliar dolar AS.

Namun rencana tersebut sebagian besar ditentang oleh Demokrat dan beberapa anggota parlemen dari Partai Republik sendiri. Hal itu memicu terjadinya kebuntuan yang berujung pada penutupan parsial pemerintahan Amerika Serikat. [mel]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...