logo

21/12/18

Martin: Kehadiran Perwakilan Uni Eropa Awal Baik untuk Petani Sawit di Sumut

Martin: Kehadiran Perwakilan Uni Eropa Awal Baik untuk Petani Sawit di Sumut

NUSANEWS - Martin Manurung mendampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai NasDem, Surya Paloh saat menerima kunjungan 12 duta besar serta para perwakilan dari 20 negara Uni Eropa yang berkunjung di DPP Partai NasDem, Jakarta, Kamis (20/12).

Pria berdarah Batak itu mendampingi Surya Paloh bersama petinggi partai karena dirinya selaku Ketua DPP Partai NasDem Bidang Luar Negeri. Dalam kesempatan itu, mereka membahas berbagai masalah, mulai dari politik dan ekonomi mereka diskusikan bersama.

Dalam kesempatan itu lanjut Martin, Partai NasDem sebagai salah satu partai pendukung pemerintah akan memastikan standard produk ekspor kelapa sawit yang sesuai dengan standar lingkungan hidup.

“Dengan adanya kerjasama antara Indonesia dan negara Uni Eropa ini, otomatis akan berdampak pada kemudahan masuknya ekspor komoditi barang Indonesia ke Eropa,” ujar Martin, Jumat (21/12).

Hal itu juga merupakan kesempatan emas bagi petani-petani sawit yang ada di Sumatera Utara (Sumut) terutama di wilayah Labuhanbatu. Apalagi baru-baru ini petani sawit di Labuhan Batu Selatan (Labusel) baru saja melakukan penanaman kembali yang merupakan Program Peremajaan Kelapa Sawit Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPPKS) di bawah Kementerian Keuangan.

Penanaman perdana peremajaan 157 hektar pekebun rakyat mandiri ini, melibatkan 45 petani sawit rakyat yang akan difokuskan di Desa Parlabian Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labusel. Untuk membantu pengelolaan teknis di lapangan, ditunjuk PT Asian Agri dan PT Nubika sebagai mitra kerja.

Dimana per hektar mendapatkan dana sebesar Rp 25 juta. Tak hanya di Labusel saja, hal itu juga akan dilakukan di Kabupaten Labuhan Batu dan Labuhan Batu Utara.

“Tentu dengan berpegang pada komitmen Uni Eropa, maka akan lebih mempermudah masuknya ekspor barang-barang utamanya kelapa sawit Indonesia ke negara Eropa,” tandas Martin yang juga calon legislatif daerah pemilihan Sumut II ini.

Selain membahas tentang hubungan dagang terkait ekonomi, pembahasan juga mengarah terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang sebentar lagi berlangsung di Indonesia.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam kesempatan itu menegaskan kepada 20 delegasi negara Uni Eropa yang hadir bahwa, NasDem memiliki sikap untuk mengusung Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Surya menjelaskan, alasan petahana harus kembali terpilih karena Jokowi bisa memberikan harapan untuk stabilitas Indonesia. Selain itu, Indonesia harus juga terus bisa menjaga harmoni di tengah keragaman yang dimiliki.

“Saya katakan, mudah-mudahan (Jokowi) terpilih kembali,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Delegation of the European Union Vincent Guerend mengaku telah mendapatkan penjelasan yang utuh dari Partai NasDem. Negara-negara Eropa tentu akan senang untuk mempermudah proses ekspor maupun Impor dengan Indonesia.

“Kita diskusi tentang pemerintahan, ekonomi, dan NKRI,” ujarnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...