logo

20/12/18

Kubu Prabowo-Sandi Wacanakan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Misbakhun: Basi!

Kubu Prabowo-Sandi Wacanakan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Misbakhun: Basi!

NUSANEWS - Minggu ini ramai sekali perbincangan membangun Infrastruktur tanpa menambah utang luar negeri. Hal ini karena pernyataan Cawapres No urut 2, Sandiaga Uno yang mengklaim mampu membangun infrastruktur tanpa utang. Ada banyak cara yang bakal dilakukan kubu penantang Jokowi itu dalam mewujudkan pembangun infrastruktur tanpa berhutang.

Politisi Partai Demokrat  yang juga Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean mengatakan bahwa jika memenangkan pertarungan pilpres 2019, pemerintahan baru nantinya akan melakukan skala prioritas dalam membagun infrastruktur. Selain itu melibatkan pihak swasta dan memaksimalkan keuntungan BUMN.

"Bisa dari keuntungan BUMN ada dari APBN Boleh menyertakan pihak swasta tapi dalam bentuk investasi," katanya, beberapa waktu lalu.

Menjawab hal itu, Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowo-Ma'ruf Amin, Mukhamad Misbakhun mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi-JK juga mampu membangun Infrastruktur tanpa berhutang. Namun tentu saja butuh waktu yang sangat lama karena ketersediaan anggarannya terbatas.

Menurutnya mengunakan utang untuk hal produktif dan memperbaiki konektivitas antar wilayah di nusantara merupakan kewajiban pemerintah. Sebab hakikatnya membangun infrastruktur adalah demi mensejahterakan rakyat Indonesia.

"Tanpa utang, pemerintah juga bisa, tapikan cuma bangunnya satu-satu. Lalu 100 tahun baru jadi. Kalau kita bangun jalan tol nggak pakai utang bisa, tapi cuma jadi satu jalan tol saja," katanya ditemui terpisah di Hotel Borobudur di Jakarta (19/12).

Misbakhun menambahkan bahwa saat ini pemerintah melakukan pembangunan dengan masif untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Sebab selama ini konektivitas menjadi masalah akut yang membuat logistik menjadi mahal dan terhambat selain itu akses keterbukaaan sangat sulit.

"Nah tapi kalau yang kita bangun itu jalan tol ribuan kilometer tak pakai utang. Dari Aceh sampai Lampung, Merak sampai Banyuwangi. Papua kita bangun interkoneksinya sampai ditembakin orang. Sulawesi kita bangun, bendungan kita bangun. Kita bangunnya beragam, bangun jalan tol, pelabuhan, jalan desa, bandara kita bangun semua sekarang bukan sehari satu. Kalau sehari satu nggak jadi-jadi," tambahnya.

Tak sampai disitu Misbakhun menepis argument Ferdinand Hutahaean sebab menurutnya startegi membangun infrastruktur tanpa hutang yang di wacanakan kubu penantang sudah basi. Semua sudah dipakai dan dilakukan dalam program membangun infrastruktur di kubu Petahana.

"Apa yang mereka omongin metodologi itu sudah basi, sudah kita lakukan semua. Apa Publict Private and Partnership sudah kita jalankan lama. Pembiayaan non APBN sudah kita lakukan tapi yang kita lakukan dalam jumlah yang sangat besar," pungkasnya.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...