logo

20/12/18

KPK Panggil Direktur Keuangan PT Waskita Karya terkait Korupsi Proyek Fiktif

KPK Panggil Direktur Keuangan PT Waskita Karya terkait Korupsi Proyek Fiktif

NUSANEWS -  Komisi Pemberantasan Korupi (KPK) memanggil Direktur Keuangan dan SDM di PT Waskita Wodo Energi, Tri Yuharlina, pada hari ini sebagai saksi terkait perkara-perkaya yang menjerat pejabat PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar.

"Tri Yuhalina akan diperiksa sebagai saksi,"ujar Jubir KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (20/12/2018).

Selain Tri, KPK juga menjadwalkan pemerimsaan terhadap sejumlah saksi lain yakni, Kasi Logistik Proyek CCTWI PT Waskita Karya, ‎Ebo Sancoyo, pensiunan dari Waskita Karya, Tri ‎Mulyo Wibowo, Staff Keuangan Divisi II PT Waskita Karya, Wagimin, Wakadiv PT Waskita Beton Precast, Fakih Usman dan pegawai PT Waskita Beton Precast, Agus Santoso. Selanjutanya Direktur PT Safa Sejahtera Abadi, Rizal Alfarizi dan Direktur PT Mer Engineering, Ari Prasodo.

"Mereka juga akan diperisa sebagai saksi penyidikan tersangka YAS," ‎tandas Febri.

Dalam kasus ini, KPK telah menjerat dua pejabat Waskita Karya menjadi tersangka, yakni Fathor Rachman selaku Kepala Divisi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2011-2013 dan Yuly Ariandi Siregar selaku Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2010-2014.

Diduga telah terjadi kerugian negara sekira Rp 186 Miliar dari sejumlah pembayaran oleh PT Waskita Karya kepada perusahaan-perusahaan subkontraktor yang melakukan pekerjaan fiktif di 14 proyek. Yuly dan Fathor merupakan  orang yang menunjuk perusahaan-perusahaan sub-kon tersebut.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...