logo

05/12/18

Komnas HAM: Kekerasan Bersenjata di Papua Berulang, Bukti Kawasan Belum Stabil

Komnas HAM: Kekerasan Bersenjata di Papua Berulang, Bukti Kawasan Belum Stabil

NUSANEWS - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan turut mengawal pengusutan kematian 31 pekerja proyek Trans Papua yang dibantai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, akhir pekan lalu.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik memaparkan, sepanjang tahun 2018, sudah berulang kali aksi kekerasan bersenjata terjadi di wilayah Kabupaten Nduga dan sekitarnya.

“Berulangnya peristiwa kekerasan bersenjata di wilayah Kabupaten Nduga dan wilayah Papua lainnya menunjukan situasi sosial-politik di Papua belum stabil,” tutur Ahmad dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/12).

Dilatari inilah, lanjut Ahmad, Komnas HAM perlu mengamati perkembangan penanganan kasus pembantaian puluhan pekerja konstruksi proyek PT Istaka Karya dalam kerangka perlindungan dan pemenuhan HAM.

“Sebab, jika peristiwa pembunuhan tidak manusiawi di Nduga itu ditangani tidak secara tepat dan baik, maka akan mudah berkembang menjadi permasalahan HAM di kemudian hari,” ujarnya.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...