logo

20/12/18

Ilham Bintang: Perampasan Kebebasan Berpendapat Saat Ini Sama Dengan Orba

Ilham Bintang: Perampasan Kebebasan Berpendapat Saat Ini Sama Dengan Orba

NUSANEWS - Berbagai persoalan di Indonesia saat ini menunjukkan kesamaan dengan era orde baru (orba).

"Jadi, kondisi hari ini tidak ubahnya keadaan kita seperti rezim orde baru," kata Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Ilham Bintang, saat peluncuran dan bedah buku "Di Tepi Amu Darya" karya Pemimpin Umum RMOL Network Teguh Santosa, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/12).

Hal itu, kata Ilham, terbukti dengan maraknya aksi saling lapor ke pihak kepolisian. Kondisi tersebut mengingatkan Ilham akan rentetan peristiwa yang terjadi ketika zaman orde baru.

"Saya dulu ketika zaman orba jadi lembaga sensor film, dan ada 45 karakter yang pokoknya nggak boleh kita filmkan. Anda ingat nggak ketika ada bayi tertukar menjadi inspirasi membuat film besoknya kita didemo sama suster-suster?" kata ilham.

Jika dikontekstualisasikan dengan keadaan kondisi saat ini, tambah ilham, peristiwa perampasan kebebasan berpendapat ketika orde baru terjadi pula hari ini.

"Ketika Anda mencoba mengangkat kisah polisi, Anda akan dipolisikan lagi. Nah, keadaan sekarang ini hampir sama," tandasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...