logo

21/12/18

Hadapi Mudik Natal, Pelabuhan Makassar Siapkan 21 Kapal

Hadapi Mudik Natal, Pelabuhan Makassar Siapkan 21 Kapal

NUSANEWS - Jelang puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru), 21 armada kapal penumpang disiagakan di Pelabuhan Utama Soekarno-Hatta Makassar. Selain itu, pihak pelabuhan juga menyediakan posko di beberapa titik.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Harni Trimadi mengatakan, kapal disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya kelonjakan penumpang jelang hari H, perayaan natal, maupun hingga libur Tahun Baru.

“Kami mengantisipasinya dengan penyediaan sarana kapal penumpang itu. Semua sudah dipersiapkan, sampai puncaknya nanti,” kata Harni, Jumat (21/12).

Seluruh armada angkutan penumpang ini mulai disiapkan pada H-3 Natal alias besok Sabtu (22/12). Penyediaan layanan jasa mudik itu dilakukan menyusul peningkatan jumlah penumpang kapal di pelabuhan selama sepekan terakhir.

Umumnya, sebagian besar penumpang mudik ke kawasan Indonesia Timur. Mulai dari Maluku hingga Papua.

“Kalau kami lihat angka terakhir sampai tadi malam (Kamis, Red), sangat drastis peningkatannya,” terangnya.

Tercatat sejak sepakan terakhir penumpang mudik yang berangkat dari Pelabuhan Makassar berjumlah 4.583. Begitu pula dengan penumpang transit, jumlahnya mencapai 4326. Sedangkan penumpang yang tiba berjumlah 2.014 orang.

Angka itu diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring semakin dekatnya puncak libur Nataru. Dari 21 armada angkutan yang tersedia, 14 di antaranya adalah milik PT Pelni. Sisanya, angkutan milik perusahaan swasta lainnya.

“Kami bagi dua (dengan armada perushaan lain), karena sebagiannya (Pelni) kan ada yang berlayar ke arah luar Sulawesi. Tapi itu semua sudah disiapkan untuk antisipasi kelonjakan nanti,” tambah Harni.

Di luar penyediaan armada pengangkut penumpang, pihaknya juga mempersiapkan posko terpadu, pengamanan, pengaduan dan pelayanan masyarakat di puncak arus mudik nataru. Posko disiagakan hingga 8 Januari 2019 mendatang.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...