logo

02/12/18

Fakta! Ratusan PNS di DIY Terjangkit HIV AIDS

Fakta! Ratusan PNS di DIY Terjangkit HIV AIDS

NUSANEWS - Sejumlah 6.183 jumlah penderita HIV AIDS di DIY. Dari jumlah tersebut terdapat ratusan PNS yang terdeteksi mengidap penyakit menular tersebut. Untuk itu, Pemda DIY akan memaksimalkan pembinaan PNS untuk meminimalisir jumlah penderita.

Menanggapi hal tersebut, Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri. Karena itu, pihaknya akan meminimalisasi jumlah tersebut melalui berbagai program.

Lebih lanjut, ia mengatakan konseling atau pembinan berkelanjutan akan diberikan kepada PNS dengan mengacu pada kedisiplinan pegawai. Kendati demikian, Gatot tidak menepis bahwa hal yang bisa mengarahkan ke tindakan berpotensi penyebaran HIV AIDS ialah perilaku.

Gatot meyakini pembinaan keagamaan bagi PNS menjadi salah satu upaya untuk mengatasi bertambahnya penderita. Gatot meyakini jika berpegang pada agama dengan baik maka segala perilaku buruk dapat dihindari.

Kendati demikian, ia mengatakan pihaknya tidak mendiskriminasi PNS yang mengidap HIV AIDS, misalnya dalam CPNS pun masih bisa diterima.

Sementara itu, data Dinkes DIY menunjukkan bahwa hingga September 2018 jumlah penderita sebanyak 6.183 yang terdiri dari 4.610 HIV dan 1.573 AIDS. Di Kota Jogja terdapat 1.133 HIV dan 263 AIDS, Kabupaten Sleman terdiri 1.089 HIV dan 367 AIDS, Kabupaten Bantul 1.023 HIV dan 326 AIDS, Kabupaten Gunungkidul 325 HIV dan 220 AIDS, dan Kabupaten Kulonprogo 257 HIV dan 25 penderita AIDS dan warga dari luar DIY yang tinggal di DIY tercatat 636 HIV dan 286 AIDS.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...