logo

24/12/18

Erdogan Sampaikan Belasungkawa kepada Korban Tsunami Banten dan Lampung

Erdogan Sampaikan Belasungkawa kepada Korban Tsunami Banten dan Lampung

NUSANEWS -  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada rekayak Indonesia sehubungan tsunami yang menerjang Banten serta Lampung pada Sabtu malam (22/12).

"Atas nama rakyat Turki, saya dengan ini menyampaikan belasungkawa kepada semua rakyat Indonesia," kata Erdogan selama pertemuan Sidang Umum Keuangan 2018, Dewan Hubungan Ekonomi Luar Negeri (DEIK) di Istanbul, dilansir Anadolu, Minggu (23/122).

Data yang dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (23/12/2018) pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang.

H+2 Pasca Tsunami, Aktivitas Warga Sekitar Tanjung Lesung Berangsur Normal

“Tidak ada korban warga negara asing. Semua warga Indonesia. Korban dan kerusakan ini meliputi di 4 kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus,”ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Sutopo juga menuturkan, angka tadi diprediksi akan terus bertambah, mengingat adanya korban yang belum terevakuasi. Terlebih belum semua Puskesmas disekitar lokasi melaporkan data korban.

“Belum semua lokasi dapat didata keseluruhan. Kondisi ini menyebabkan data akan berubah,”tambahnya.

Korban meninggal dari total 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 30 orang hilang terdapat di Kabupaten Pandeglang tercatat 164 orang meninggal dunia, 624 orang luka-luka, 2 orang hilang. Kerusakan fisik dapat dirinci meliputi 446 rumah rusak, 9 hotel rusak, 60 warung rusak, 350 unit kapal dan perahu rusak, dan 73 kendaraan rusak. Daerah yang terdampak di 10 kecamatan.

“Lokasi yang banyak ditemukan korban adalah di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung dan Kampung Sambolo,”tambahnya.

Tidak hanya itu, kebanyakan korban adalah wisatawan yang sedang berlibur di sekitaran Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang dan Pantai Carita.

Di wilayah lain seperti di Kabupaten Serang, tercatat 11 orang meninggal dunia, 22 orang luka-luka, dan 26 orang hilang. Kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan. Sedangkan korban di Kabupaten Lampung Selatan tercatat 48 orang meninggal dunia, 213 orang luka-luka dan 110 rumah rusak. Di Kabupaten Tanggamus terdapat 1 orang meninggal dunia.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...