logo

06/12/18

Edy Rahmayadi Buka-bukaan Soal Kondisi Sepakbola Tanah Air

Edy Rahmayadi Buka-bukaan Soal Kondisi Sepakbola Tanah Air

NUSANEWS - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi tak menutup mata soal buruknya sepak bola tanah air. Dibandingkan dengan negara lain, sepak bola tanah air, disebutkan Edy masih jauh tertinggal.

“Saya katakan kepada presiden kalau kita belum memiliki pemain bola yang pas, kuantitas saja masih kurang, apalagi kualitas,” buka Edy di Medan, kemarin.

Dijelaskannya, merujuk data tahun 2016, jumlah pemain Indonesia terbilang minim. Dari 250 juta penduduk, Indonesia hanya punya 67 ribu pemain.

Edy pun coba membandingkannya dengan negara-negara lain. Di Belanda misalnya, dari 16.7 juta jiwa penduduknya, sebanyak 1,2 juta menjadi pemain. Spanyol memiliki 4,1 juta pemain dari 46,8 juta pendudukdan Jerman punya 6,3 juta pemain dari 80,7 juta penduduk.

Selain di negara Eropa, Indonesia juga masih tertinggal dari negara-negara terdekat. Thailand punya 1,3 juta pemain dari 64,6 juta penduduk. Singapura ada 190 ribu pemain dari 4,5 juta penduduk.

Fakta inilah yang kemudian menjadi alasan Edy untuk tetap memertahankan jabatannya sebagai orang nomor satu di federasi sepak bola itu.

“Jadi, tolong jangan di-bully lagi saya. Kalau mau beritakan. Beritakanlah ini,” ujarnya.

Selain soal jumlah pemain, Edy juga membeberkan kondisi pelatih yang juga masih jauh dari kata ideal. Saat ini, Indonesia ‘hanya’ punya 197 orang pelatih, sedangkan negara paling dekat, Malaysia sudah punya 1.810 pelatih.

Dikesempatan itu, Edy juga menjelaskan soal minimnya sarana dan prasarana. Spanyol memiliki 109 stadion berstandar FIFA, Belanda 45 stadion standar FIFA dan 1.450 lapangan artifisial. Jerman 42 stadion standar FIFA dan 1.080 lapangan artifisial.

“Stadion Teladan yang kita bangga-banggakan itu, tidak masuk dalam lapangan yang layak pakai,” tandasnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...