logo

06/12/18

Dirjen Dukcapil: Penjual Blangko KTP-El Di Tokopedia Sudah Ditangkap

Dirjen Dukcapil: Penjual Blangko KTP-El Di Tokopedia Sudah Ditangkap

NUSANAEWS - Penjualan blangko KTP elektronik (KTP-el) sempat menghebohkan publik. Sebab, blangko itu dijual secara bebas di situs jual beli daring, Tokopedia.

Pihak Kemendagri mengaku sudah bergerak cepat menangani kasus ini. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh bahkan memastikan pihak penjual sudah ditangkap dan diamankan.

“Perbuatan pidana penjualan blangko KTP-el melalui tokopedia sudah tertangani dan pelaku sudah teridentifikasi,” ungkap Zudan di gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/12).

Penjual yang bernama Nur Ishadi Nata itu merupakan warga Tulang Bawang, Lampung. Dia mendapat blangko itu dari ayahnya yang dahulu merupakan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang.

“Saya berharap dengan telah tertanganinya persoalan ini, maka tidak lagi menjadi isu dan pemberitaan,” ungkapnya lagi.

Zudan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyerahkan pelaku ke pihak kepolisian. Penemuan pelaku didapat setelah pihaknya melakukan konfirmasi kepada pihak Tokopedia dan perusahaan pencetak blangko terkait hal ini.

“Hari Rabu 5 Desember kami rapat dengan Tokopedia untuk mendapatkan data pelaku. Data awal sudah kami dapatkan dan langsung kita cek ke database kependudukan,” pungkasnya. [ian]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...