logo

02/12/18

Dikepung Ormas, Evakuasi Seratusan Lebih Mahasiswa Papua Mencekam

Dikepung Ormas, Evakuasi Seratusan Lebih Mahasiswa Papua Mencekam

NUSANEWS - Sebanyak 153 mahasiswa Papua yang ada di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya, berhasil dievakuasi. Mereka dari perguruan tinggi di beberapa kota di Indonesia.

Terpantau, tiga bus mengangkut ratusan lebih mahasiswa tersebut ke berbagai kota seperti Malang dan Yogyakarta. Evakuasi itu sendiri dilakukan dalam tiga gelombang.

"Alhamdulillah proses evakuasi kelompok mahasiswa Papua telah berjalan lancar dan kondusif. Tadi ada satu bus berjumlah 50 orang dikembalikan ke Malang karena mereka mahasiswa Malang. Dan kurang lebih 103 kita kembalikan ke berbagai daerah dari terminal bus Bungurasih,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan dilansir RMOLJatim, Minggu (2/12)

Rudi mengatakan, selain dipulangkan ke berbagai kota, ada 83 mahasiswa Papua asal Surabaya yang juga dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Selama ini mereka tersebar dan berkuliah di kampus sekitar Surabaya.

"Tadi memang ada yang menggunakan motor dan sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Karena memang mereka berkuliah di Surabaya,” tambah Rudi.

Suasana mencekam sempat mengiringi proses evakuasi mahasiswa asal Papua tersebut. Pasalnya, ratusan massa yang berasal dari berbagai ormas mengepung asrama.

Puluhan aparat kepolisian pun diturunkan untuk mengamankan jalannya evakuasi. Setelah mereka masuk ke dalam bus, rombongan dikawal oleh polisi bersenjata lengkap untuk keluar dari kota Surabaya. [jto]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...