logo

03/12/18

Deng Ical Minta OPD Bersinergi Entaskan Kemiskinan

Deng Ical Minta OPD Bersinergi Entaskan Kemiskinan

NUSANEWS - Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Makassar Syamsul Rizal meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Makassar.

Wakil Walikota Makassar ini mengatakan, TKPKD memang berhasil menekan angka kemiskinan. Sejauh ini, angka kemiskinan menurun hingga dikisaran 4.59 persen. Padahal, koordinasi antara Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Program Keluarga Harapan (PKH) belum berjalan maksimal.

“Sekarang ini belum semuanya, PKSK dan PKH jalan sendiri koordinasinya agak-agak jarang. Sehingga kita bikin rencana aksi daerah di tahun 2017 kemarin agar dilaksanakan secara penuh oleh masing-masing OPD,” kata Deng Ical di Balaikota Makassar, Senin (3/12/2018).

Untuk di tahun 2019 mendatang, lanjut Deng Ical, seluruh rencana strategis setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus mengadopsi program penanggulangan kemiskinan. Agar angka kemiskinan lebih menurun lagi.

“Koperasi bisa ambil KUR atau Pemberdayaannya, Pendidikan ambil sekolahnya, Perumahan ambil rumah kumuhnya dan PU ambil sanitasinya. Jadi harusnya memang tuntaski,” terang Deng Ical.

Sementara itu, Kepala Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Hadija Iriani berharap agar program dan anggaran di setiap OPD lebih dimaksimalkan dalam penanggulangan kemiskinan.

“Artinya harus lebih fokus lagi terkait penanganan kasus kemiskinan dengan meningatka apa yang harus dikerjakan agar semua dapat tercapai,” ujar Iriani.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...