logo

01/12/18

Coba Negosiasi, Pendemo Papua Merdeka Ngotot 'Long March'

Coba Negosiasi, Pendemo Papua Merdeka Ngotot 'Long March'

NUSANEWS - Para aktivis peringatan Papua Merdeka masih tertahan di dalam area kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (1/12), pukul 10.00 WIB.

Para aparat kepolisian tetap berjaga di depan pagar kantor LBH walau desakan massa semakin keras menuntut keluar.

Menurut rencana, para aktivis yang terdiri dari Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Indonesia (AMPTPI) itu bakal melakukan long march menuju Kedutaan Besar Belanda di Kuningan, Jakarta. Aksi ini untuk memperingati 57 tahun deklarasi Kemerdekaan West Papua pada 1 Desember 1961.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, jumlah massa diperkirakan tidak sampai 100 orang. Petinggi aksi mencoba bernegosiasi dengan pimpinan kepolisian di tempat untuk melanjutkan aksi.

Situasi di lapangan situasi masih terkendali. Massa berorasi di beberapa titik, sementara aparat kepolisian tetap berkumpul di depan pagar.

Sebelumnya Juru Bicara FRI-West Papua Surya Anta menjelaskan kendati diadang kepolisian, aksi tetap akan dilanjutkan seperti rencana. Dari Kedutaan Besar Belanda, aksi direncanakan berlanjut ke kantor perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Menteng, Jakarta.

"Tapi sampai sekarang massa aksi masih diadang puluhan Brimob (sebagian berpakaian preman) di pintu keluar LBH Jakarta," kata Surya pagi tadi.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...