logo

28/12/18

BNPB Sebut Abu Vulkanik Anak Krakatau di Pulau Seribu Membawa Berkah

BNPB Sebut Abu Vulkanik Anak Krakatau di Pulau Seribu Membawa Berkah

NUSANEWS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai, erupsi Gunung Anak Krakatau yang berjatuhan hingga di sekitar Kepulauan Seribu dipastikan aman. Sebab, abu vulkanik tersebut hanya serpihan tipis.

"Semua tergantung dari arah angin, jadi abu vulkanik dominan menuju ke arah barat sampai barat daya, tapi dominan kalau Kepulauan Seribu itu sangat tipis sekali," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jumat (28/12).

Sutopo menuturkan, abu vulkanik tersebut tidak berbahaya karena sangat tipis. Namun agar tidak mengganggu pernapasan masyarakat diimbau memakai masker saat ke luar rumah.

"Justru itu menyuburkan tanah, tidak berbahaya terkena air hujan langsung hilang," ucapnya.

Sutopo memandang abu vulkanik tersebut dapat membawa berkah untuk masyarakat. Sebab, abu vulkanik yang berjatuhan dapat menyuburkan tanah.

Letusan hari ini adalah berkah untuk anak cucu ke depan, pengaruh erupsi dari gunung itu luar biasa untuk perekonomian," pungkasnya.

Sebelumnya, Material erupsi Gunung Anak Krakatau juga menerjang Kepulauan Seribu. Abu vulkanik itu terlihat di perairan Pulau Harapan dan Pulau Kelapa dan Pulau Tidung.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...