logo

23/12/18

Biro Meteorologi Australia Beri Peringatan 'Merah', Liburan Ribuan Orang Terancam Batal

Biro Meteorologi Australia Beri Peringatan 'Merah', Liburan Ribuan Orang Terancam Batal

NUSANEWS -  Tsunami yang disebabkan oleh makin aktifnya gunung berapi Anak Krakatau di Selat Sunda telah mengancam perjalanan liburan ribuan orang pada natal tahun ini.

Tsunami, menurut Badan Metereologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG), dipercaya disebabkan oleh letusan Anak Krakatau, yang telah memuntahkan abu vulkanik ke udara.

Gunung berapi aktif itu menyebabkan tanah longsor bawah laut yang memicu Tsunami besar. Tsunami ini menerjang daerah pesisir pantai sekitar pukul 21:30 WIB dengan melenyapkan rumah 430 orang dan hampir sepenuhnya memusnahkan seluruh komunitas.

Biro Meteorologi Australia bahkan telah memantau situasi ini. Biro ini telah mengeluarkan peringatan merah kepada pilot maskapai penerbangannya di wilayah selat Sunda itu.

Hal ini membuat kekacauan rencana ribuan orang untuk liburan Natal mereka, seperti yang dilansir dari Sunday Express (23/12).

Terkait tidak adanya peringatan dini Tsunami di Selat Sunda, Sutopo mengatakan bahwa peralatan peringatan dini Tsunami yang ada di Indonesia hanya memberikan peringatan terhadap Tsunami yang dipicu aktivitas tektonik atau gempa besar.

"Untuk Tsunami yang dipicu oleh penyebab lain seperti longsor bawah laut, tidak akan memicu sensor yang dipasang sehingga tidak ada peringatan dini apapun yang disampaikan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...