logo

22/12/18

Begini Penjelasan Gelar Habib dari Organisasi yang Melacak Garis Keturunan Nabi Muhammad

Begini Penjelasan Gelar Habib dari Organisasi yang Melacak Garis Keturunan Nabi Muhammad

NUSANEWS - Kicauan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD yang menyatakan bahwa panggilan Habib itu belum tentu keturunan Nabi Muhammad, dibantah oleh Maktab Daimi Rabithah Alawiyah. Organisasi yang melacak keturunan Nabi Muhammad SAW.

Ketua Bagian Nasab Maktab Daimi Rabithah Alawiyah, Habib Ahmad Alatas menegaskan bahwa gelar habib merupakan keturunan nabi atau dikenal masuk kategori ahlul bait.

"Iya (julukan habib itu sudah tentu keturunan dari baginda nabi Muhammad SAW)," katanya kepada Okezone, Sabtu (22/12/2018).

Gelar habib marak karena kasus Habib Bahar bin Smith yang diduga menganiaya dua pemuda. Perilaku itu tidak sejalan dengan Nabi Muhammad yang mendepankan cara damai dan lembut.




Habib Ahmad menjelaskan keturunan nabi ada dua sumber, yakni sebutan Syarif/Syarifah keturunan yang berasal dari jalur Hasan dan ada sebutan Sayyid/Sayyidah keturunan dari jalur Husein. Namun istilah Habib berawal pada 1000 Hijiriah.

"Istilah habib muncul pada tahun 1000 Hijriyah, dan yang pertama dijuluki habib adalah Al-habib Umar bin Abdurrahman Alattas," ucapnya.

Penyematan sebut Habib lantaran selalu berdakwah untuk menyebarkan ajaran Islam.

"Karena kehidupan beliau selalu berdakwah, dan selalu hidup bersama rakyat kecil dan beliau sangat dicintai oleh penduduk kampung yang didatanginya," tutupnya.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...