logo

02/12/18

APK Caleg-Capres di Pagar Kampus UMI, Bawaslu Bilang Begini

APK Caleg-Capres di Pagar Kampus UMI, Bawaslu Bilang Begini

NUSANEWS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel) angkat bicara perihal sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Caleg hingga Capres yang terpajang di dinding kampus UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar.

Menurut Komisioner Bawaslu Sulsel Saiful Jihad, pihaknya tidak akan mempermasalahkan pemasangan APK tersebut selama bukan berada di dalam area kampus UMI Makassar.

“Kalau di dalam pagar adalah lokasi pendidikan, maka di luar pagar, tentu sebaliknya kan dek,” ungkap Saiful Jihad.

Tapi, kata Saiful Jihad, titik pemasangan APK tersebut harus tetap berada dalam wilayah sonasi yang ditetapkan untuk pemasangan APK.

“Maka di luar pagar, patuh pada zonasi yang ditetapkan oleh KPU,” tegas Saiful Jihad.

Sebelumnya, Rektor UMI Prof Basri Modding mengaku tidak mengetahui perihal APK yang terpajang di dinding kampus yang dipimpinnya.

“Iya kah di bagian mana?,” kata Prof Basri Modding di Gedung Program Pasca Sarjana UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sabtu (1/11/2018).

Prof Basri Modding mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan pajangan deretan APK tersebut. Selama kata Prof Basri, tidak dipajang di bagian dalam wilayah kampus UMI.

“Yang penting tidak di dalam. Kalau di dalam tentu kami akan bongkar, tapi kalau menghadap ke luar, itu kan hak publik atau ruang publik,” jelas Prof Basri.

Sekedar informasi, dalam perhelatan Pemilu 2019, sejumlah titik sangat tidak diperbolehkan memasang APK di antaranya lembaga pendidikan (sekolah/kampus), rumah ibadah, lembaga kesehatan, dan fasilitas pemerintah.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...