logo

02/12/18

Alasan Anies Pakai Seragam Dinas di Reuni 212

Alasan Anies Pakai Seragam Dinas di Reuni 212

NUSANEWS - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut hadir dalam aksi Reuni 212 yang dihelat di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12). Namun, berbeda dengan para peserta aksi yang didominasi dengan baju koko berwarna putih, Anies hadir di Monas dengan pakaian dinas harian gubernur yang lengkap.

Saat ditanya alasannya hadir di Monas dengan pakaian dinas, Anies mengaku bahwa seluruh pekerja di lingkungan Pemprov DKI yang bertugas saat Reuni 212 di Monas, harus mengenakan seragam.

"Semua (petugas). Mulai kemarin saya instruksikan semua petugas kita (Pemprov DKI) yang hari ini di lapangan menggunakan baju putih biru. Jadi semua petugas kita, termasuk saya," kata Anies di Monas, Minggu (2/12).

Ia menambahkan, instruksi untuk mengenakan seragam dilakukan agar bisa membedakan petugas dan masyarakat terutama para peserta aksi.

"Jangan sampai hari Minggu tugas, pakaiannya pakaian preman, pakaian biasa. Hanya karena ini hari Minggu, supaya (bisa) membedakan mana yang petugas, mana yang masyarakat termasuk saya," tambah Anies.

Dinas Lingkuhan Hidup DKI Jakarta bersama Pengelola Monas membersihkan sampah usai Aksi Reuni 212. (Foto:Dok. Dinas Lingkungan Hidup DKI)

Anies lalu menjelaskan bahwa pada pelaksanaan Reuni 212 tahun 2017 lalu, para peserta aksi sulit dibedakan dengan petugas Pemprov DKI karena tidak mengenakan seragam. Saat hadir di Reuni 212 2017 lalu, Anies juga ikut hadir, namun mengenakan baju koko berwarna putih.

"Karena tahun lalu apa yang terjadi, karena petugas dan massa nggak bisa dibedakan. Dan menurut saya penting untuk di sini polisi berseragam, petugas pemprov juga berseragam. Jadi perintahnya yang memiliki pakaian lapangan, gunakan pakaian lapangan. Kalau yang menggunakan pakaian lapangan menggunakan putih biru," jelasnya.

Selain itu, Anies menegaskan bahwa kehadirannya tidak terkait dengan agenda politik. Anies menjelaskan, ia hadir sebagai gubernuru.

"Enggak (terkait politik), kan saya datang sebagai Gubernur, dan semua yang datang hari ini menggunakan seragam, kan rapi ini, lebih rapi kan," pungkasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...