logo

25/12/18

3 Nelayan Saksi Mata: Anak Krakatau Pecah Terbelah Dua Sebelum Tsunami

3 Nelayan Saksi Mata: Anak Krakatau Pecah Terbelah Dua Sebelum Tsunami

NUSANEWS - Bencana tsunami di Selat Sunda menjadi pengalaman pahit bagi tiga nelayan asal Kenali, Kabupaten Lampung Selatan. Ketiganya mengaku menjadi saksi pecah atau terbelahnya Gunung Anak Krakatau, yang mungkin memicu terjadinya tsunami Selat Sunda, Sabtu (22/12) lalu.

Ketiga nelayan tersebut yakni Ican, Luji, Iyan. Ketika menjelang tsunami, ketiganya bersama 12 teman satu desa, berada di kaki Gunung Anak Krakatau.

Saat itu mereka sedang beristirahat setelah menangkap ikan di kaki Gunung Anak Krakatau. Ketika bersiap-siap hendak meninggalkan Gunung Anak Krakatau, separuh gunung tersebut pecah dua.

Ican, Luji, dan Iyan berhasil selamat berenang, sedangkan 12 kawannya hilang hingga Senin (24/12). Ican, Luji, dan Iyan berenang dari malam peristiwa itu hingga Minggu siang (23/12).

Mereka berhasil mendarat di Pulau Sebesi, pulau terdekat dari Gunung Anak Krakatau. “Ketika Gunung Anak Krakatau terbelah dua, kami melompat ke laut bersamaan dengan ambruknya separuh gunung ke dalam laut,” sebut mereka seperti dilansir RMOL Lampung (Jawa Pos Group).

Jatuhnya separuh gunung itu menyebabkan tiga kali gelombang laut yang sangat tinggi. Mereka berhasil menyelamatkan diri ke Pulau Sebesi sedangkan 12 temannya belum ditemukan hingga tulisan ini tayang.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...