logo

01/12/18

3 Cara PSSI Berantas Match-Fixing, Apa Saja Itu!

3 Cara PSSI Berantas Match-Fixing, Apa Saja Itu!

NUSANEWS - Pengaturan skor atau match-fixing tengah menjadi isu yang hangat diperbincangkan saat ini. Bahkan kasus tersebut diduga kuat terjadi dipentas kompetisi Liga 2 musim ini.

PSSI selaku pihak federasi sepak bola tanah air pun terus melakukan langkah-langkah untuk memberantas praktik-praktik tak fair play dalam pentas sepakbola itu.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengungkapkan, ada tiga langkah yang dilakukan pihaknya terkait hal itu, dan itu sudah berjalan sejak setahun terakhir ini.

“Kami menyiapkan tiga cara. Pertama adalah langkah pencegahan. September 2017, kami sudah bekerja sama dengan Genius Sports. Itu sudah berjalan sejak tahun ini. Dari sana kami akan mendapat peringatan untuk laga mana yang perlu mendapat perhatian,” tutur Tisha seperti dikutip dari Goal.

Langkah kedua, sebut dia, adalah melakukan investigasi mendalam terhadap permainan yang diduga kuat terjadi dugaan pengaturan skor.

“Kami melakukannya (investigasi) secara tertutup, terlepas ada atau tidaknya laporan mengenai sebuah pelanggaran,” katanya.

“Adapun langkah ketiga adalah tindak lanjut berupa hukuman yang sesuai dengan kapasitas PSSI, yaitu melalui badan peradilannya, yakni Komite Disiplin,” ujar dia.

Namun begitu, semua upaya tersebut akan sangat berat dilakukan jika tidak mendapat dukungan dari semua pihak.

“Kami sejujurnya tidak bisa sendirian memerangi hal ini. Kami butuh dukungan dari pemerintah, stakeholder, serta masyarakat,” imbuhnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...