logo

05/12/18

19 Pekerja di Papua Dipastikan Tewas Ditembak KKB

19 Pekerja di Papua Dipastikan Tewas Ditembak KKB

NUSANEWS - 19 pekerja di Papua telah dipastikan tewas dalam penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Hal itu disampaikan oleh Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi setelah menerima keterangan dari para pekerja yang selamat.

“Keterangan saksi yang selamat yakni saudara JA, jumlah korban yang dipastikan meninggal dunia dibantai oleh KKB di lereng bukit Puncak Kabo adalah 19 orang,” kata Aidi dalam keterangannya, Rabu (5/12/2018).

Menurut Muhammad Aidi, korban selamat telah dievakuasi pada Selasa 4 Desember 2018 sekitar pukul 17.45 WIT. Mereka terdiri dari empat orang karyawan PT. Istaka Karya, enam orang petugas Puskesmas Mbua, dan dua orang guru SMP Mbua.

Evakuasi menggunakan helikopter milik TNI AD. Di antara mereka terdapat tiga orang karyawan PT. Istaka Karya yang mengalami luka tembak korban kekerasan KKB.

“Saat ini sedang di evakuasi ke RSUD Wamena,” kata Muhammad Aidi.

Muhammad Aidi menyampaikan, informasi pembantaian pekerja proyek Trans Papua itu sendiri diterima TNI dan Polri dari laporan seorang pendeta di Gereja Distrik Yigi menggunakan saluran Radio SSB pada Senin 3 Desember 2018 sekitar pukul 15.30 WIT.

“Satgas kemudian melaksanakan penyelamatan serta evakuasi korban,” ujar Wakapendam Muhammad Aidi.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...