logo

09/11/18

Wiranto Undang NU, GNPF, Hingga FPI dalam Dialog Kebangsaan

Wiranto Undang NU, GNPF, Hingga FPI dalam Dialog Kebangsaan

NUSANEWS - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) akan menggelar dialog kebangsaan bertajuk 'Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah, Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa', Jumat (9/11) pagi.

Merujuk dari agenda kegiatan, Menkopolhukam Wiranto dijadwalkan akan memimpin forum dialog, lalu lanjut ke sesi konferensi pers.

Dalam pertemuan itu Kemenkopolhukam mengundang sejumlah pimpinan lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Sejumlah pimpinan lembaga negara yang diundang adalah Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Kabareskrim Mabes Polri, Deputi II Badan Intelijen Negara (BIN), dan dari Polda Metro Jaya.

Mengenai undangan tersebut, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bachtiar mengatakan Mendagri Tjahjo Kumolo berhalangan hadir.

"Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum yang hadir," ucap Bachtiar saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (8/11) malam.

Dari daftar yang diterima, pada pertemuan di Kemenkopolhukam besok itu tercatat ada 38 pimpinan Ormas Islam yang diundang. Beberapa di antaranya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ketua PP Muhammadiyah, serta pimpinan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini mengonfirmasi hal tersebut. Dia akan datang mewakili PBNU.

"Ya hadir," ucap Helmy saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Selain itu diundang pula Panglima Laskar Pembela Islam (LPI), Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI), Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 dan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) juga diundang untuk hadir.

Sekretaris Umum DPP FPI Munarman membenarkan pihaknya mendapatkan undangan dari Kemenkopolhukam. Atas undangan itu, kata Munarman, FPI akan mengirim utusan. Namun, sambungnya, bukan dirinya dan bukan juga Ketua Umum DPP FPI Shabri Lubis yang akan datang.

"Akan ada orang lain," ucap Munarman.

Sementara itu, Panglima LPI Maman Suryadi mengonfirmasi akan hadir memenuhi undangan Kemenkopolhukam. Dia mengaku sudah menerima undangannya.

Ketua GNPF Ulama Yusuf Muhammad Martak mengatakan pihaknya belum menerima undangan dari Kemenkopolhukam secara langsung meski sudah mendapat informasi akan diundang. Yusuf sendiri berhalangan untuk hadir.

"Saya masih di luar negeri," ucap Yusuf.

Selain pimpinan lembaga negara dan ormas Islam, Kemenkopolhukam juga mengundang sejumlah tokoh Islam. Mereka adalah Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, cendekiawan muslim Azyumardi Azra, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada, Din Syamsuddin, Ustaz Abdullah Gymnastiar, Ustaz Arifin Ilham, dan Ustaz Yusuf Mansur.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...