logo

08/11/18

Warga Keluhkan Bau Menyengat dari Sampah di Sungai Bojonggede

Warga Keluhkan Bau Menyengat dari Sampah di Sungai Bojonggede

NUSANEWS - Kondisi aliran sungai di Kampung Bambu, Desa Bojong Baru, Bojonggede, Kabupaten Bogor, amat memprihatinkan. Sungai yang oleh warga setempat disebut Kali Baru itu tertutupi oleh tumpukan sampah.

Ridwan, salah satu warga di Kampung Bambu mengatakan, banyaknya sampah sampai menimbulkan bau tidak sedap yang menyengat.

"Bau banget memang, kan ada (sampah) macem-macem di sana. Ada bangkai binatang juga," ujarnya di Kampung Baru, Kamis (8/11).

Ia mengaku, sampah-sampah tersebut berasal dari aliran Pasar Bojonggede. Ridwan menambahkan, karena ada pendangkalan di bawah jembatan, sampah-sampah tersebut tersumbat dan menumpuk.

"Dari pasar (Bojonggede) itu, mampet di jembatan. Kalau sudah lewat jembatan airnya sudah bersih lagi," katanya.

Permukaan Kali Baru di Kampung Bambu Kuning, Bojonggede, Bogor, tertutup oleh tumpukan sampah. (Foto:Maulana Ramadhan/kumparan)

Ridwan menambahkan, saat musim hujan tiba sampah-sampah di Kali Baru bisa meluber hingga ke pinggiran jalan. Selain itu, selama ini menurutnya, inisiatif untuk membersihkan Kali Baru, masih datang dari warga.

"Katanya sih, Sabtu (10/11) besok, sama Pemkab mau diangkat pakai beko," imbuhnya.
Sementara itu, warga lainnya yang bernama Mamat mengatakan, bau menyengat dari sampah sangat menggangu terlebih di dekat Kali Baru banyak pedagang yang berjualan makanan.

"Dulu itu katanya penyebabnya karena banyak ruko-ruko di pinggiran (sungai) makanya mampet. Tapi sekarang udah enggak ada, tetep saja (mampet)," kata Mamat.

Kali Baru yang tertutupi oleh tumpukan sampah tersebut, terletak di tepi Jalan Raya Bojonggede, Kabupaten Bogor. Jaraknya tidak begitu jauh dari Stasiun dan Pasar Bojonggede. 

Permukaan Kali Baru di Kampung Bambu Kuning, Bojonggede, Bogor, tertutup oleh tumpukan sampah. (Foto:Maulana Ramadhan/kumparan)



© NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...