logo

22/11/18

UGM Didesak Pecat Terduga Pemerkosa Mahasiswi Saat KKN

UGM Didesak Pecat Terduga Pemerkosa Mahasiswi Saat KKN

NUSANEWS - Puluhan mahasiswa dan aktivis pergerakan menggelar aksi demonstrasi di sisi timur Rektorat UGM, Kamis (22/11). Aksi demonstrasi itu digelar untuk menuntut HS, terduga pelaku pemerkosaan terhadap Agni didrop out (DO) dari UGM.

Selain menuntun HS di DO, puluhan massa aksi ini juga menuntut agar UGM memecat seorang dosennya yang berinisial EH. EH diduga melakukan kekerasan seksual terhadap mahasiswinya.

Humas aliansi, Adinda Aurellia mengungkapkan aksi yang digelar merupakan aksi solidaritas bagi para penyintas di UGM. Dalam aksi, kata Adinda, massa menyoroti tentang kasus dugaan pemerkosaan pada Agni dan juga kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh dosen berinisial EH.

"Kami menuntun agar HS di dropout dari UGM. Kami juga menuntut agar dosen EH dipecat dari UGM. Kami juga meminta agar UGM memberikan pernyataan publik bahwa kekerasan seksual merupakan pelanggaran berat," ujar Adinda, Kamis (22/11).

Adinda juga menyoroti sikap UGM yang tak tegas dalam menangani kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungannya. Adinda pun menyebut UGM semestinya melakukan penyelesaian kasus pelecehan seksual secara transparan dan berpihak pada penyintas.

"UGM harusnya transparan dan berpihak pada penyintas dalam menangani kasus pelecehan seksual. Selain itu UGM juga harus memenuhi hak-hak penyintas untuk mendapatkan ruang aman, transparansi penyelesaian kasus kekerasan seksual, pendampingan psikososial, layanan kesehatan, bantuan hukum dan penggantian kerugian materiil," tutup Adinda.

Kasus dugaan pemerkosaan terhadap mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta oleh temannya saat melaksanakan praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 2017 lalu ini dilimpahkan ke Polda Maluku. Pelimpahan dilakukan lantaran peristiwa dugaan pidana terjadi di wilayah hukum Polda Maluku.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...