logo

01/11/18

TNI Berhasil Bersihkan 74.092 Rumah Pasca Gempa dan Tsunami Palu

TNI Berhasil Bersihkan 74.092 Rumah Pasca Gempa dan Tsunami Palu

NUSANEWS - TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) telah merobohkan dan membersihkan 74.092 unit rumah warga yang rusak akibat bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi tenggah. Pembersihan rumah dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan.

Panglima Kogasgabpad Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana gempa bumi di NTB, Mayjen TNI Madsuni menuturkan, perobohan rumah yang dilakukan oleh prajurit TNI sudah mendapatkan persetujuan dari pemilik rumah.

"Sudah terverifikasi oleh tim dari Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB serta sudah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Bupati tertanggal 28 Oktober 2018," kata Madsuni di rapat evaluasi dengan staf-staf terkait di Markas Komando Gabungan (exs Bandara Selaparang Mataram), Nusa Tenggara Barat, Rabu (31/10).

Saat ini, proses perobohan rumah sudah mencapai 100 persen dari jumlah rumah yang rusak akibat gempa dan tsunami.

“Tugas kami (prajurit TNI) membantu merobohkan dan membersihkan rumah-rumah warga. Saat ini pencapaiannya sudah 100% dari jumlah keseluruhan rumah yang rusak akibat gempa dan sudah terverifikasi,” tuturnya.

TNI berhasil bersihkan rumah bencana Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Dok. PUSPEN TNI)

Setelah perobohan itu, Madsudin mengajak pihak yang telah ditunjuk untuk segera membangun kembali rumah warga yang telah dirobohkan, sehingga masyakarat mendapatkan hunian yang layak.
“Harapan kami rumah-rumah warga segera dibangun sehingga mereka dapat tinggal di rumahnya yang layak,” kata dia.

Selain merobohkan rumah, TNI juga telah meroboohkan 698 fasilitas soail yang rusak akibat gempa. Dari 698 fasilitas, 445 unit telah siap dibangun kembali.

TNI berhasil bersihkan rumah bencana Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Dok. PUSPEN TNI)

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...