logo

28/11/18

Terjawab Penyebab Jatuh Lion Air JT-610, KNKT: Seharusnya Penerbangan Itu Tidak Dilanjutkan

Terjawab Penyebab Jatuh Lion Air JT-610, KNKT: Seharusnya Penerbangan Itu Tidak Dilanjutkan

NUSANEWS - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan hasil laporan awal penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Dalam pemaparannya, ditemukan fakta bahwa benar pesawat tersebut sudah mengalami gangguan penerbangan sehari sebelumnya.

Diketahui, pesawat yang akhirnya jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat itu sebelumnya terbang dari Denpasar menuju Jakarta.

Demikian diungkap Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, Rabu (28/11) dalam keterangannya kepada wartawan.

“Penerbangan dari Denpasar ke Jakarta. Pesawat mengalami gangguan saat terbang, pilot memutuskan untuk terus sampai Jakarta,” bebernya.

Pihaknya juga menekankan, dengan kondisi gangguan penerbangan yang dialami itu, seharusnya pesawat nahas itu tidak dipaksa untuk melanjutkan penerbangan lagi.

Akan tetapi, pesawat berpenumpang 189 termasuk awak dan kru kabin itu tetap berangkat ke Pangkal Pinang.

“Seharusnya penerbangan itu tidak dilanjutkan,” tambah Nurcahyo.

Nurcahyo menegaskan, keputusan pilot melanjutkan penerbangan itu menjadi dasar KNKT mengeluarkan rekomendasi ke Lion Air.

Adalah terkait rambu-rambu kapan pilot melanjutkan penerbangan atau kapan kembali ke bandara asal.

“Karena menurut pandangan kami, yang terjadi itu pesawat sudah tidak laik terbang,” demikian Nurcahyo.

Sementara, Nurcahyo juga menegaskan bahwa pesawat yang baru dimiliki Group Lion Air itu ternyata juga kerap mengalami masalah.

Terhitung, sudah enam kali pesawat tersebut menjalani perawatan.

“Dari data perawatan pesawat, sejak tanggal 26 Oktober, tercatat ada enam masalah atau enam gangguan yang tercatat di pesawat ini,” beber Nurcahyo.



SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...