logo

08/11/18

Soal Lampu Motor Jokowi Mati, Ini Penjelasan Katros Garage

Soal Lampu Motor Jokowi Mati, Ini Penjelasan Katros Garage

NUSANEWS - Blusukan Presiden Joko Widodo ke Pasar Anyar Tangerang menggunakan motor chopper bobber terbarunya beberapa waktu lalu menjadi sorotan.

Saat memacu kuda besinya, lampu motor Jokowi dalam kondisi tak hidup. Hal itu menimbulkan pertanyaan, sebab menyalakan lampu di siang atau malam hari jelas tercatat dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas.

Iman, perwakilan Katros Garage, yang membangun motor Jokowi memberikan penjelasan saat ditemui TribunJakarta.com di markasnya di Jalan Cempaka 1, Rengas, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Iman menerangkan, motor Jokowi yang dibangun bergaya chopper bobber itu hampir dirombak total, hanya bagian mesin saja yang tidak disentuh.

Termasuk bagian lampu utama, sesuai desain yang disepakati, lampu depan Kawasaki W175 itu diganti dengan Daymaker 5,75 inci.

Pergantian lampu dari pabrikan menjadi hasil modifikasi itu, juga membuat Katros Garage harus mengubah sistem automematic headlamp on (AHO) menjadi sistem saklar.

Hal itu membuat si pengendara harus menyalakan terlebih dahulu lampu dengan menekan saklar sebelum melaju.

"Lampunya itu kita ganti pakai Daymaker, itu kan bukan aslinya, dia LED. Kalau LED itu dia kan butuh arusnya yang konstan, dari DC dong, sementara motor sendiri pembangkit tenaganya AC, ngambil dari aki. Yang kita takutin, ini kan motor bukan 'harian' yang sering dinyalain, kita takut tekor. Akirnya kita bikin saklar," papar Iman.

Katros Garage meminta langsung kepada staf kepresidenan untuk menghubungi pihaknya ketika Presiden Jokowi akan menggunakan motornya.

Maksudnya, agar Iman dan kawan-kawan bisa memastikan langsung kondisi kesiapan motor sebelum dikendarai orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Hal itu sudah dilakukan saat Presiden Jokowi diagendakan akan mengendarai chopper bobber terbarunya itu.

Hari sebelumnya pihak Katros mengecek dan sudah memberikan penekanan pada bagian-bagian tertentu agar menjadi perhatian.

"Iya jadi malam itu kita sampai jam 11 malam di sana ngecek (kondisi motor, red)," ujar Iman.

Ia tidak mengetahui sampai akhirnya Presiden Jokowi kedapatan tak menyalakan lampu saat mengendarai motor baru yang memakan waktu modifikasi hingga dua bulan itu.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...