logo

05/11/18

Satu Tersangka Suap DPRD Sumut Memohon Jadi Saksi Pelaku

Satu Tersangka Suap DPRD Sumut Memohon Jadi Saksi Pelaku

NUSANEWS - Satu tersangka kasus suap DPRD Sumatera Utara mengajukan diri sebagai justice collabolator atau saksi pelaku kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Tersangka SSN telah mengajukan diri sebagai JC pada penyidik," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (5/11).

Inisial SSN merujuk pada nama Sopar Siburian. Menurut Febri, saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan permohonan tersebut. Di mana, salah satu syarat untuk menjadi JC adalah mampu membocorkan pelaku lain dalam kasus yang sama.

"KPK menghargai pengajuan JC tersebut karena yang bersangkutan selama proses hukum ini cukup kooperatif dan telah mengembalikan uang yang diduga dia terima," jelasnya.

KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumut sebagai tersangka penerimaan hadiah terkait fungsi dan kewenangannya pada periode 2009-2014 dan/atau 2014-2019. Sebanyak 38 anggota dewan tersebut diduga menerima hadiah atau janji dari Gubernur Sumut saat itu Gatot Pudjo Nugroho.

Penyidik sudah melimpahkan berkas 12 tersangka pada tahap penuntutan. Mereka adalah Rijal Sirait (RST), Fadly Nurzal (FN), Rooslynda Marpaung (RMP), Rinawati Sianturi (RSI), Tiaisah Ritonga (TIR), Muslim Simbolon (MSI) dan Sonny Firdaus (SF).

Begitu juga tersangka Helmiati (HEI), Mutofawiyah (MSF), Arifin Nainggolan (ANN), Sopar Siburian (SSN) dan Analisman Zalukhu (AZU). [wah]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...