logo

22/11/18

Prabowo Akan Bawa RI Berteman dengan China dan AS

Prabowo Akan Bawa RI Berteman dengan China dan AS

NUSANEWS - Capres Prabowo Subianto mengaku akan menjalin hubungan baik dengan Amerika Serikat dan China apabila terpilih dalam Pilpres 2019. Menurutnya, kedua negara itu memiliki persaingan kuat yang mampu mempengaruhi situasi geopolitik.

"Kita bagian dari ASEAN. Kita punya situasi geopolitik yang terpengaruh dari persaingan China dan AS. Yang kuat akan lakukan apa pun dan yang lemah akan menderita," kata Prabowo dalam Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

"Kita harap persaingan ini, kita harap tidak akan berakhir civil war," imbuhnya.

Prabowo mengatakan, Indonesia seharusnya dapat melakukan hubungan baik dengan negara mana pun. Diharapkan Indonesia dapat menjadi teman baik AS dan China untuk mendapatkan keuntungan.

"Dengan strategic sea ways. Kita mau berteman dengan keduanya. Kita hormati dua kekuatan ini. Kebijakan luar negeri kita berteman dengan siapa pun. Saya mau berteman dengan China. Kita hormati China yang bangkit jadi kekuatan baru. Tapi juga kita hormati AS sebagai negara adidaya," tuturnya.

Prabowo kemudian mengajak untuk merenungkan pengaruh Amerika dan China dalam kehidupan masyarakat. Setiap aspek kehidupan, kata Prabowo, memiliki andil bagi kelangsungan hidup masyarakat.

"Mari kita obyektif, jika kita dalam hati, kita sebenarnya fans dengan cara hidup Amerika. Kita makan Burger Kings, pakai denim jeans, nonton Netflix, HBO. Ini soft power AS. Kita suka rock and roll. Ayo akui Anda juga suka kan," ucap Prabowo.

"Pengaruh China juga kuat. Dalam sejarah kita, seperti makanan kita, ada sebagian dari China dari India. Kita suka kari," tutupnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...