logo

01/11/18

Nah Loh, Kemenhub Minta Direksi Lion Air Dibebastugaskan, Pertanda Apa?

Nah Loh, Kemenhub Minta Direksi Lion Air Dibebastugaskan, Pertanda Apa?

NUSANEWS - Sampai saat ini, selain terus melakukan pencarian korban, bangkai pesawat dan black box, penyelidikan sedang dilakukan atas kecelakaan Lion Air JT-610.

Bahkan, usai kecelakaan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mendesak agar manajemen mencopot Direktur Teknik Lion Air, Muhammad Asif.

Terbaru, Kemenhub juga meminta manajemen agar membebastugaskan seluruh direksi.

Hal itu dilakukan agar memudahkan investigasi yang dilakuan bisa berjalan lebih lancar.

Demikian disampaikan Budi Karya Sumadi di kantornya, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

“Agar supaya mereka fokus mendukung investigasi yang dilakukan KNKT. Dirut Lion Air agar menunjuk direksi pengganti,” tegas Budi Karya.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno ada dasar yang dipakai untuk pembebasantugas direksi dimaksud.

Yakni Undang-undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan Civil Aviation Safety Regulation Part 121.

Yang mengatur tentang Certification and Operating Requirements: Domestic, Flag, And Supplemental Air Carriers.

Selan itu, juga mempertimbangkan tuntutan masyarakat agar pemerintah mengumumkan secara terbuka terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT 610.

Karena itu, pihaknya meminta melalui surat resmi kepada Lion untuk membebastugaskan sementara anggota direksi.

“Berkaitan dengan pelaksanaan proses investigasi kecelakaan pesawat udara Boeing B737-8 MAX registrasi PK-LQP yang dioperasikan oleh PT. Lion Mentari Airlines,” jelas Pramintohadi.

Anggota direksi dan personel pesawat udara yang dibebastugaskan sementara adalah Director of Maintenance and Engineering, Quality Control Manager, Fleet Maintenance Management Manager dan Release Engineer PK-LQP.

Selanjutnya Lion Air diminta menugaskan anggota direksi dan personel pesawat udara ini untuk membantu sepenuhnya proses investigasi dan penyelidikan oleh instansi yang berwenang.

“Guna menjaga terpenuhinya aspek kelaikudaraan penggoperasian pesawat udara Lion Air,”

“Direktur Utama PT Lion Mentari segera menunjuk Pejabat Pengganti Director of Maintenance and Engineering dan Quality Control Manager,” pungkasnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...