logo

04/11/18

Misteri Dua Mata Air Aneh di Goa Pingit Belum Terjawab, Suhunya Panas Dingin

Misteri Dua Mata Air Aneh di Goa Pingit Belum Terjawab, Suhunya Panas Dingin

NUSANEWS - Hidden Canyon Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul, dikenal sebagai Goa Pingit oleh masyarakat Desa Punggul Abiansemal, Badung, Bali. Kenapa dipingitkan atau disakralkan?

Goa Pingit yang terletak persis di bawah Pura Taman Beji ini, terbentuk secara alami. Jika masuk ke dalam goa sejauh 50 meter, akan tampak dua mata air yang memiliki suhu berbeda.

“Memang ada mata airnya, satu pancoran suhunya dingin, pancoran lainnya justru bersuhu hangat. Kami juga bingung, mengapa bisa seperti itu,” jelas pengelola sekaligus pangempon Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul, Ida Bagus Eka Giri Artha kepada Bali Express (Jawa Pos Group/Pojoksatu.id).

Diakuinya mata air itu memang cukup aneh. Pasalnya sejak puluhan tahun tak ada satu orang pun yang berani memasuki wilayah goa tersebut.

“Dahulu orang–orang menganggap goa itu pingit, angker. Makanya, tak ada yang berani datang, apalagi memasuki tempat itu. Masyarakat di sini juga tahu bahwa tempat itu adalah wilayahnya Wong Samar,” ungkapnya.

Namun, setelah area tersebut dibuka dan dibersihkan, ia bersama masyarakat memberanikan diri untuk masuk.

“Awalnya takut, tapi saya memohon izin, dan kami menemukan sebuah pemandangan alam yang luar biasa, tebing yang menjulang dan goa yang indah. Dan, yang paling penting kami menemukan kedua mata air itu,” jelasnya.

Hingga kini misteri dua mata air aneh itu belum terjawab. Butuh penelitian untuk mengungkap penyebab dua mata air dalam gua Pingit itu berbeda suhu.

Namun bagi Ida Bagus, kedua mata air tersebut merupakan sebuah anugerah atau pica.

“Ya itulah anugerah, beliau memberikan tanggung jawab kepada kami. Lewat mata air itu kami bisa membantu banyak sameton yang tidak bisa memiliki anak,” ungkapnya.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...