logo

08/11/18

Megawati Ajak Bangsa Asia Damaikan Semenanjung Korea

Megawati Ajak Bangsa Asia Damaikan Semenanjung Korea

NUSANEWS - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh negara di Asia mendorong perdamaian di Semenanjung Korea. Presiden Kelima RI itu menegaskan, perdamaian antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) sangat penting bagi Asia.

"Bagi saya, Semenanjung Korea adalah semenanjung kedaulatan bangsa Asia," kata Megawati dalam The KOR-ASIA Forum 2018 yang digelar di Seoul, Korsel, Rabu (7/11).

Dalam forum internasional itu Megawati menceritakan rasa harunya ketika Presiden Korsel Moon Je-In dan Pemimpin Korut Kim Jong-Un menandatangani Deklarasi Pamunjom pada April lalu. Putri Proklamator RI Bung Karno itu mengaku meneteskan air mata karena dua pemimpin di Semenanjung Korea bisa bertemu dan sepakat untuk mengakhiri permusuhan.

Menurut Megawati, setelah perdamaian terwujud di Semenanjung Korea maka bangsa-bangsa di Asia bertugas menjaganya. Dia meyakini sebuah negeri pasti membutuhkan negara lain.

"Tak ada lagi negara dan bangsa dapat mengucilkan diri dari bangsa-bangsa lain. Urusan dan masalah dunia adalah juga urusan dan masalah Asia. Masa depan Asia bergantung pada pemecahan masalah internasional yang multidimensi," bebernya.

Megawati juga menegaskan komitmennya untuk mengupayakan perdamaian di Semenanjung Korea. Menurutnya, Indonesia juga akan menjalankan peran penting bagi perdamaian Korsel dan Korut.

"Saya Megawati Soekarnoputri, mewakili rakyat Indonesia, selalu dan selalu akan menjadi bagian dari perdamaian di Semenanjung Korea. Semenanjung Korea, semenanjung kebangkitan Asia, semenanjung dimana sayap-sayap perdamaian Asia diterbangkan ke segenap penjuru dunia," tuturnya dalam forum yang dihadiri mantan Presiden Mongolia Punsalmaagiyn Orchirbat dan Deputi PM Tajikistan Davlatali Said itu.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...