logo

23/11/18

Makassar Dipilih Jadi Kota Cerdas ASEAN, Ini Alasannya

Makassar Dipilih Jadi Kota Cerdas ASEAN, Ini Alasannya

NUSANEWS - Makassar menjadi salah satu kota dari Indonesia yang masuk dalam Jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Kota Anging Mammiri ini tergabung bersama Jakarta dan Banyuwangi.

Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Riaz Saehu mengungkapkan, alasan Kota Makassar terpilih dan masuk dalam Jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart Cities Network (ASCN).

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan Walikota Danny Pomanto memiliki terobosan baru dalam menjalankan berbagai tantangan. Mulai dari segi kesehatan, lingkungan, dan masalah penanganan sampah.

“Selain itu Pemerintah Kota Makassar mampu menggunakan IT dengan baik yang nantinya dapat menjadi menjalin networking atau kerjasama dari kota yang masuk bergabung di ASEAN Smart Cities Network,” kata Riaz, Kamis (22/11/2018).

Riaz mengatakan, kerjasama yang bisa dijalin dengan jejaring ASCN merupakan sebuah proses pembelajaran untuk sesama negara Asean. Sehingga Makassar lebih meningkatkan kapasitanya untuk menjawab tantangan.

Sementara Kasubdit Kerja Sama Industri dan Perdagangan Kementrian Luar Negeri RI Nur Rokhmah Hidayah mengatakan, adapun manfaat Makassar bergabung ASCN yakni bagaimana membentuk partnership dengan para mitra dengan negara luar Asean dalam mengembangkan smart city.

“Kita pahami mereka mempunyai kemampuan yang cukup inovatif dengan teknologi, untuk bantuan hibah dan sebagainya ada harapan kesana dan ini harus berhati-hati dan bentuk bantuan dari mitra bentuk bantuannya bisa melalui capacity builiding,” tukas Nur Rokhmah.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...