logo

03/11/18

Kritik Keras Amien Rais, Penyebab Taufik Kurniawan Langsung Ditahan KPK?

Kritik Keras Amien Rais, Penyebab Taufik Kurniawan Langsung Ditahan KPK?

NUSANEWS - Peneliti LSI Denny JA, Adji Al-Faraby menilai komentar atau kritik yang dilontarkan Amien Rais tidak memberikan produktif terhadap Partai Amanat Nasional (PAN).

Justru, menurutnya, kritik keras yang kerap dilontarkan tokoh reformasi tersebut bisa berdampak buruk untuk PAN dalam menghadapi Pemilu 2019.

Terakhir, Adji mensinyakir, kritik Amien Rais kepada Ketua KPK Agus cs berdampak buruk bagi Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan yang juga Wakil Ketua Umum PAN.

Sebab, sehari setelah Amien menyerang KPK, Taufik yang dikenal loyalis Amien besoknya langsung jadi tersangka dan ditahan KPK terkait kasus dugaan suap dana alokasi khusus Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada APBN Perubahan 2016.

“Kita lihat kritik-kritik Pak Amien tidak produktif juga untuk PAN, artinya dari sisi elektoral PAN. Buktinya sejauh ini Pak Amien sosok yang paling getol mengkritik pemerintah. Menurut saya tidak produktif komentar-komentar Pak Amien,” kata Adji saat dihubungi, Sabtu (3/11/2018).

Menurut dia, sikap yang diperlihatkan Amien Rais selaku mantan Ketua Umum PAN memang lebih searah dengan sikap oposisi pemerintah.

Apalagi, posisi partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini sebetulnya tidak jelas apakah mendukung pemerintah atau berada di posisi oposisi.

“Kalau menurut saya memang sikap Pak Amien ini kan searah dengan sikap oposisi, artinya dia mengkritik pemerintah karena posisinya berhadapan dengan petahana untuk saat ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, KPK menetapkan Taufik Kurniawan dan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo sebagai tersangka. Taufik diduga menerima sekurang-kurangnya Rp 3,65 miliar dari Yahya Fuad selaku Bupati Kebumen.

Diduga, Yahya memberikan suap itu kepada Taufik terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016. Kemudian, KPK memanggil Taufik sebanyak dua kali untuk diperiksa tapi tak hadir.

Akhirnya, Taufik mengirim kuasa hukumnya untuk menjadwalkan kembali pemeriksaan ulang pada tanggal 8 November 2018. Namun, Taufik tiba-tiba datang ke Gedung KPK pada Jumat (2/11/2018). Setelah diperiksa KPK, Taufik akhirnya ditahan.

Sekedar informasi, Amien sebelumnya bicara lantang terkait pencegahan ke luar negeri Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan ke luar negeri. Menurutnya, Ketua KPK Agus Rahardjo sudah menjungkirbalikkan keadilan.

"Saya mengingatkan Saudara Agus Rahardjo, tolong nanti sampaikan, anda telah melakukan sebuah penjungkirbalikan yang luar biasa dalam hal menerapkan keadilan," ujar Amien Senayan, Senin (29/10/2018) lalu.

Dia juga mengungkit sejumlah kasus yang telah ditangani KPK. Amien meminta KPK tak tebang pilih dalam mengungkap kasus korupsi.

Menurut Anien, KPK memang pernah mencekal beberapa oknum terkait kasus korupsi. Tetapi, kata dia, justru orang itu bisa makan malam di Istana Negara.

"Dan kalau engga salah namanya Richard Halim Kusuma dicekal, Aguan ketika dicekal pun juga makan malam di Istana. Itu dicabut. Tapi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan langsung dicekal, jadi Agus Rahardjo Anda hati-hati!," kata Amien.

Dia juga mengingatkan Agus untuk tidak tebang pilih dalam mengatasi kasus korupsi. Kasus korupsi, lanjut Amien harus dituntaskan semuanya tanpa pilih-pilih.

"Nah ada seorang super minister saya namanya lupa ya, yang seolah-olah itu tidak boleh digubris, enggak perduli izin belum ada, enggak peduli pelanggaran apa pun, sehingga ini kita bagai bangsa yang berani KPK Agus Rahardjo anda jangan tebang pilih," ungkapnya. (Alf)

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...