logo

02/11/18

Khabib: Persamaan Saya dan Muhammad Ali, Kami Muslim

Khabib: Persamaan Saya dan Muhammad Ali, Kami Muslim

NUSANEWS - Petarung seni bela diri campuran (MMA) Khabib Nurmagomedov menyamakan dirinya dengan mendiang Muhammad Ali sebagai petarung muslim di arena yang berbeda. Ia merupakan petarung MMA, sedangkan Ali sebagai petinju hebat.

Khabib juga merasa senang dengan pendapat sebagian orang yang menganggap ia mirip dengan legenda tinju Amerika Serikat tersebut.

Meski demikian, ia merasa tidak sepenuhnya mirip dengan Ali. Idolanya itu, lanjutnya, bertarung lebih keras dari dia.

"Dia bertarung lawan rasialisme. Pengalaman hidup yang ia alami lebih sulit. Saya bahkan tidak benar-benar dekat dengan tingkat kemampuan dia," ujar Khabib seperti yang dikutip dari wawancara dengan beIN Sports Haber pada Kamis (1/11).

"Saya menyaksikan banyak dari wawancara dia sepanjang hidup saya. Saya tidak akan percaya jika ada orang yang menyebut saya setingkat dengan Muhammad Ali. Ali adalah seorang muslim, saya juga. Itulah kesamaannya," ujarnya kembali.

Muhammad Ali dikenal sebagai petinju hebat yang juga berjuang melawan diskriminasi rasial. (REUTERS/Jorge Nunez)

Lebih lanjut, Khabib berharap bisa bertarung lawan petinju Amerika Serikat Floyd Mayweather Jr. sebanyak dua kali.

Setelah menang melawan Conor McGregor, Khabib mengutarakan tantangan kepada Mayweather Jr. Duel tersebut untuk membuktikan siapa 'raja' sesungguhnya dalam ring tinju ataupun oktagon.

"Saya pikir pertarungan lawan Floyd akan menyenangkan para penonton. Itu akan menjadi pertarungan yang bagus bagi saya. Pertarungan itu terlihat seperti berebut gelar petinju yang terbaik sepanjang masa," kata Khabib.

"Dia [Mayweather Jr.] belum kalah sekali pun. Saya pikir pertarungan ini akan menjadi adil bila digelar sebanyak dua kali. Satu kali di ring [tinju], dan satu lagi di kandang [MMA]," katanya menambahkan.

Nurmagomedov enggan menyebut dia sebagai petarung terbaik di dunia. Predikat tersebut, lanjut dia, mesti ditentukan oleh para penggemar olahraga bela diri.

"Tapi itu [petarung terbaik di dunia] adalah tujuan saya, tentu saja. Jika Anda tidak punya target, Anda bekerja dengan sia-sia," ucap petarung asal Rusia tersebut.

"Saya punya tujuan menjadi yang terbaik di dunia. Saya ingin menjadi yang terbaik di dunia, tapi saya tidak berpikir bahwa saya adalah yang terbaik saat ini," ucapnya melanjutkan. (map)


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...