logo

25/11/18

Jokowi Diberi Gelar 'Rajo Balaq Mangku Nagara', Iriana 'Ratu Indoman'

Jokowi Diberi Gelar 'Rajo Balaq Mangku Nagara', Iriana 'Ratu Indoman'

NUSANEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana dianugerahi gelar adat oleh Suku Komering, Sumatra Selatan dalam lawatannya ke Palembang, Minggu (25/11).

Jokowi diberikan gelar Raja Balak Mangkunegara, sementara Iriana dianugerahi gelar Ratu Indoman. Pemberian itu dilakukan oleh Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering Sumsel, Haji Romli di Griya Agung Palembang.

Jokowi tampak mengenakan pakaian adat khas Sumsel lengkap dengan tanjak, ikat kepala khas Sumsel. Sementara Iriana mengenakan pakaian adat wanita khas Sumsel. Kedatangan mantan Wali Kota Solo ini disambut dengan atraksi silat sebelum dianugerahi gelar.

Saat prosesi, Haji Romli mengatakan bahwa arti dari Raja Balak Mangkunegara berarti Raja Agung yang memegang kekuasaan tertinggi negara Republik Indonesia. Sementara, Ratu Indoman artinya ibu yang sopan santun yang memberikan perlindungan dan pengayom rakyat.

Usai prosesi, Jokowi dan Iriana diberi piagam penganugerahan gelar adat tersebut. Tak hanya itu, Jokowi dan Iriana juga diberi kamus bahasa adat Komering.

Acara tersebut merupakan kegiatan dari rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Sumsel. Usai acara tersebut, Jokowi dijadwalkan menemui perangkat desa se-Sumsel serta memberikan sertifikat hak guna lahan hutan sosial bagi 10.500 KK di Sumsel.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...