logo

25/11/18

Jokowi Dapat Gelar Raja Balaq Mangku Negara, Ini Maknanya

Jokowi Dapat Gelar Raja Balaq Mangku Negara, Ini Maknanya

NUSANEWS - Presiden RI Joko Widodo mendapat gelar sebagai Raja Balaq Mangku Negara dari masyarakat adat Komering Sumatera Selatan. Sementara Ibu Negara, Iriana, memperoleh gelar sebagai Ratu Indoman.

Presiden Jokowi mengatakan, pemberian gelar kepada dirinya dan Iriana, adalah sebuah kehormatan besar bagi keduanya.

Dengan gelar ini juga, menjadi tantangan dan harapan bagi Jokowi, untuk bisa memajukan dan mensejahterakan rakyat di Sumatera Selatan.

"Saya dan Ibu Iriana memaknai semangat adok, semangat jajuluk, semagat gelar Rajo Balak Mangku Negara dan Ratu Indoman yang di anugerahkan kepada kami berdua adalah sebagai pesan," kata Jokowi dalam sambutannya usai pemberian gelar di Griya Agung, Kota Palembang, Sabtu 25 November 2018.

Jokowi menekankan, sebagai kepala negara, dirinya memiliki tanggung jawab untuk menyejahterahkan masyarakat Sumsel. "Harapan dan tanggung jawab untuk selalu mengangkat masyarakat adat Komering untuk selalu memajukan kesejahteraan masyarajat Sumsel," jelas Jokowi.

Kemudian, Jokowi mengingatkan perkembangan teknologi saat ini bukan berarti melupakan adat dan budaya lokal.

Namun, ia menyebut dengan adat budaya maka itu sebagai penguat Indonesia dalam memajukan bangsa dan negara serta masyarakatnya.

"Di dalam kemajuan Indonesia, adat tradisi kebudayaan bangsa adalah sumber energi besar bagi masyarakat kita. Kebudayaan nusantara sangat beragam, sangat kaya kearifan lokal dan semua itu menjadi kepribadian bangsa," katanya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...