logo

23/11/18

Jokowi: Bakauheni-Aceh Tersambung Tol 2024

Jokowi: Bakauheni-Aceh Tersambung Tol 2024

NUSANEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa jalan tol Trans Sumatera dari Bakauheni-Aceh bakal nyambung di tahun 2024.

Hal itu diungkapkan pada saat meninjau progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km.

"Kalau Trans Sumatera perkiraan kita, Aceh sudah mau mulai tembus dari barat, dari timur juga dimulai, lalu ketemu di tengah. Hitung-hitungan tadi baru saja dengan Menteri PU mungkin 2024 Insyaallah (nyambung)," kata Jokowi di Lampung, Jumat (23/11/2018).

Jokowi menyebut, tersambungnya Trans Sumatera sampai Aceh karena progres pembangunan tol dari Bakauheni-Palembang bisa dirampungkan pada Juni 2019. Sedangkan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar rampung pada Desember 2018.

"Kita harapkan ini kalau yang ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini, kemudian yang sampai Palembang akan diselesaikan pertengahan 2019," jelas dia.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembebasan lahan proyek jalan tol di Aceh sudah cukup besar dan siap dibangun.

"Aceh kita sudah punya dari 74 km sudah punya tanah 21 km. BPJT-nya juga sudah ada jadi setiap saat bapak berkunjung ke Aceh kita bisa groundbreaking," kata Basuki.

Jika sudah dilakukan groundbreaking, kata Basuki, maka pembangunan jalan tol di Aceh pun akan menyambung jalur yang sudah dibangun dari Bakauheni.

"Mudah-mudahan 2024 bisa nyambung kalau yang tol Sumatera. Sehingga pada tahun akhir 2019 di Sumatera ini ada ada 575 km jalan tol. Jadi target kita 1.880 km bisa tercapai," kata Basuki.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...