logo

21/11/18

Jawab Klaim Erick Thohir, Demokrat: SBY Inisiasi Ekonomi Kreatif Sejak 2006

Jawab Klaim Erick Thohir, Demokrat: SBY Inisiasi Ekonomi Kreatif Sejak 2006

NUSANEWS - Terobosan ekonomi kreatif di negeri ini sudah dimulai sejak zaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin.

Begitu tegas Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto menanggapi pernyataan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir yang menyebut Joko Widodo presiden pertama yang memperhatikan industri kreatif.

Didik menguraikan bahwa di tahun 2006, SBY sudah menginstruksikan untuk pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Proses pengembangan ini diwujudkan pertama kali dg pembentukan Indonesian Design Power oleh Departemen Perdagangan untuk membantu pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. 2007 dilakukan peluncuran Studi Pemetaan Kontribusi Industri Kreatif Indonesia 2007 pada Trade Expo Indonesia,” urai Sekretarif Fraksi Demokrat itu, Selasa (20/11).

Tidak cukup sampai di situ. Di tahun 2008, SBY juga meluncurkan cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025 dan Pengembangan 14 Subsektor Industri Kreatif Indonesia. Selain itu, juga ada pencanangan Indonesia Kreatif 2009.

“Jadi tidak paham atau tidak jujur?” tanya kepada Erick.

Didik kembali menjelaskan bahwa SBY juga telah menggelar Pekan Produk Kreatif dan Pameran Ekonomi Kreatif sejak tahun 2009. Bahkan gelaran itu dilakukan rutin setiap tahun.

Erick Thohir sempat mengklaim bahwa Presiden Jokowi merupakan presiden pertama yang perhatian pada industri kreatif di Indonesia. Dia menganggap pihak lain yang mengaku-ngaku menjadi inisiator industri kreatif di Indonesia sebagai hal yang aneh.

"Pak Jokowi sebagai presiden yang pertama kali melakukan ada sebuah badan industri kreatif. Beliau yang pertama kali jadi kalau ada yang ngaku-ngaku ya agak aneh," katanya di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11) lalu.


SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...